Bupati Irfendi Arbi Apresiasi Mahasiswa Poltekes Kemenkes PKL di Limapuluh Kota

63

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Bertempat di Aula pertemuan Kantor Camat Payakumbuh, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi secara resmi menerima Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Poltekes Kemenkes Padang Tahun 2018, Senin(12/3).

Dalam acara tersebut turut hadir, Camat Payakumbuh, Aimel Nazra, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat desa dan nagari, Azuhdi Perama, Kepala Dinas Sosial, Harmen, Kepala Baznas Limapuluh Kota, Desembri Chaniago, Wali Nagari se- Kecamatan Payakumbuh, Tokoh Masyarakat, Dosen Pembimbing, dan Tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Bupati mengucapkan selamat datang kepada Dosen beserta Mahasiswa Poltekes Kemenkes Padang di Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pimpinan serta jajaran Poltekes Kemenkes Padang yang telah menjadikan Kecamatan Payakumbuh sebagai lokasi PKL bagi mahasiswanya.

“Selamat datang di Kabupaten Limapuluh kota, kiranya kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan sinergitas antara Perguruan tinggi dengan masyarakat umum,” ujar Irfendi.

Bupati juga berharap dengan adanya program PKL Mahasiswa Poltekes Kemenkes Padang ini dapat memberikan mamfaat yang nyata bagi masyarakat di Kecamatan Payakumbuh, khususnya mengenai kesehatan dan gizi masyarakat.

“Selamat mengabdi bagi adik-adik mahasiswa di Kecamatan Payakumbuh. Semoga dengan adanya Program PKL ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat kita akan gizi dan kesehatannya, dan adik-adik mahasiswa pulang dengan nilai yang memuaskan nantinya,” pungkas Bupati.

Sementara itu Dosen pembimbing Poltekes Kemenkes Padang, Edmon mengatakan tujuan dari program PKL ini adalah selain untuk menjalankan Tridarma perguruaan tinggi, juga untuk mempraktekkan seluruh teori yang didapat dikampus kepada masyarakat dengan fokus terhadap gizi dan kesehatan masyarakat.

Dikatakannya, program PKL ini di ikuti oleh 77 Mahasiswa yang nanti akan disebar ketiap Nagari dan Jorong yang ada di Kecamatan Payakumbuh dan program PKL akan berlangsung mulai tanggal 12 Maret sampai dengan tanggal 3 April 2018.

“Insyallah PKL ini akan berlangsung selama satu bulan dan diikuti oleh 77 Mahasiswa. Kami dari pihak kampus meminta kerjasama dari pemerintah daerah beserta masyarakat dalam menyukseskan program PKL ini,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum melakukan PKL ini pihaknya sudah melakukan pendataan masalah terkait gizi dan kesehatan masyarakat di Kecamatan Payakumbuh. “Alhamdulillah dari hasil pendataan kami tentang gizi dan kesahatan masyarakat di Kecamatan Payakumbuh sebelum menjalan PKL ini, didapatkan data yang tidak jauh berbeda dengan data Nasional, Jadi semoga dengan adanya program PKL ini kesehatan dan kebutuhan gizi masyarakat di Kecamatan Payakumbuh dapat meningkat lagi nantinya,” pungkasnya. (suwanda)