Bupati Yuswir Arifin Apresiasi Terlaksananya MTQ Ke-39 Tingkat Nagari Muaro

161

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – 225 peserta ikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – 39 tingkat Kenagarian Muaro tahun 2018 di Jorong Pamatang Sari Bulan, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Jum’at siang (2/3/).

Acara yang dibuka oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, bertempat di Masjid Nurul Ihsan Pondok Labu Permai ini juga dihadiri oleh anggota DPRD, Bakri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Sijunjung, Khalfian beserta Forkopimcam Kecamatan, Wali Nagari Muaro, Diagus Putra, Guru TPQ/ TPSQ se nagari muaro dan undangan lainnya.

“Kegiatan MTQ ini akan dilaksanakan mulai dari Jum’at (2/3) sampai dengan Senin (5/3), dilaksanakan di Masjid Nurul Ihsan dan Masjid Baitul Makmur, Jorong Pamatang Sari Bulan,” kata ketua panitia pelaksana Sudirman saat menyampaikan laporannya.

Sudirman menambahkan bahwa peserta yang mengikuti MTQ ini 225 orang yang berasal dari 21 TPQ/TPSQ dan 5 sekolah, diantaranya, Masjid Nurul Ihsan, Masjid Baitul Makmur, Masjid Nurul Hidayah, Masjid An Nur, Masjid Istiqlal, Masjid Taqwa, Masjid Irsyadunnas, Masjid Istiqomah, Masjid Al Furqan, Surau Nurul Falah Ipuah, TPQ Baitul Saqinah, Mushallah Al Irsyad, TPQ Babul Rahmah, TPQ RBK, TPQ Pamatang Anjuang, Surau Parid, Surau Babul Hasanah, Surau Al Jannah, Surau Gadung, TPQ Fathin Imammah, TPQ Pulau Baru, dan SMAN 2 Sijunjung, SDN 20 Muaro, SDN 22 Muaro, SDN 3 Muaro serta SD Kautsar Ilmi.

Sementara, kata Sudir, dari 225 peserta ini akan mengikuti cabang yang dilombakan yaitu, Tilawah Anak anak, 40 orang, Tilawah Remaja, 27 orang, Tilawah Dewasa, 15 orang, Tartil Dasar, 37 orang, Tartil menengah, 39 orang, Tartil Umum 14 orang, MSQ, 33 orang dan Khutbah Jum’at 20 orang.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin saat menyampaikan sambutannya mengapresiasi sekali kegiatan ini, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Nagari dan masyarakat atas terlaksananya MTQ tingkat Nagari Muaro ini, karna atas dukungan dan partisipasinya juga acara MTQ ini bisa terlaksana.

Bupati juga menambahkan, melalui kegiatan MTQ ini semua bisa untuk mencari anak-anak yang berbakat dan bisa menjadi khafilah dari nagari nantinya. “Ini sangat berguna sekali untuk mencari bibit bibit yang handal dan bisa di ambil untuk lomba MTQ tingkat kecamatan nanti,” harapnya.

Melalui kegiatan MTQ ini, Bupati juga mengharapkan agar anak anak terhindar dari pengaruh globalisasi pada saat ini,”maka untuk itu kita harus membentengi anak anak kita dengan agama, agar terhindar dari pengaruh globalisasi saat ini.

Bupati juga mengharapkan kepada walinagari dan masyarakat agar lebih memperbanyak serta mengembangkan dan memajukan pondok pondok tahfis yang ada di nagari, karena dengan begitu, agama bagi anak anak kita ini akan kuat, kalau agama sudah kuat, insyaallah sudah terhindar dari pengaruh yang menyimpang pada saat ini. Andri Kampai