DBD Berjangkit, Bupati Hendrajoni Perintahkan Dinkes Lakukan Fogging

237

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Dalam waktu dekat, setiap Puskesmas di Kabupaten Pesisir Selatan bakal melakukan fogging untuk pencegahan penyakit deman berdarah (DBD) di daerahnya.

Hal itu disampaikan Bupati Hendrajoni mengingat tingginya permintaan masyarakat dalam menangani kasus tersebut.

“Itu segera untuk kepala dinas yang baru. Jangan sampai kasusnya bertambah di setiap kecamatan. Puskesmas segera lakukan fogging,” tegas Hendrajoni, Senin 19 Maret 2018 setelah melakukan pelatikan kemaren.

Selain itu, Bupati berharap Dinas Kesehatan (Dinkes) dan seluruh Puskesmas melakukan peningkatan pelayanan, karena pelayan medis merupakan salah satu yang mendasar.

“Pokoknya jika datang masyarakat, harus diobati dulu. Jangan tanyakan uang. Ada atau tidak ada uang, tetap dilayani,” tegasnya.

Keluhan DBB ini, salah satunya dialami Erik (38) warga Lengayang yang dipermukimannya di Tampunik sudah terdapat sejumlah kasus. Salah satunya korbannya adalah isterinya sendiri, hingga dirawat di RSUD M. Zein Painan.

Menurutnya, dalam kasus ini hampir tiap hari Puskesmas Pembantu Koto Baru Lengayang menerima pasien demam berdarah. Dan rata-rata kondisi masih dalam perawatan dan belum mendapatkan penanganan secara baik.

“Untuk saat ini memang belum ada yang meninggal dunia. Kami berharap adanya perhatian serius dari pemerintah daerah,” harapnya.

Ia juga berharap, penganganan DBD harus bisa tertangani dengan baik secepatnya. Sebab, dampak DBD sangat mengacam kesehatan masyarakat di daerah itu.

“Setahu saya di kecamatan ini sudah dua orang yang terjangkit. Intinya harus benar-benar didata, kalau didata secara baik, saya rasa bisa lebih,” tutupnya. Rega Desfinal