Dikukuhkan KAN IV Koto Mudiek, Irdam Nova Resmi Sadang Gelar Datuak Bandaro Hitam

391

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Berpakaian lengkap datuk, Irdam Nova, ST dikukuhkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) IV Koto Mudiek  sebagai Dt. Bandaro Hitam, Penghulu Suku Kampai di Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (03/03/2018).

Prosesi malewakan gala diawali dengan pemakaian baju kebesaran adat, kemudian pemasangan deta di kepala dan diakhiri pembacaan sumpah dan janji untuk menjadi seorang penghulu atau ninik mamak dikukuh oleh Ketua KAN IV Koto Mudiek.

Adat salingka dalam nagari. Prosesi malewakan gelar datuak pun dimulai dengan menghadirkan penghulu yang ada di nagari IV Koto Mudiek. Irdam Nova yang didaulat sebagai penyandang gelar Dt. Bandaro Hitam Suku Kampai disaksikan para penghulu suku yang hadir.

Dikukuhkan, diambil sumpahnya juga disaksikan oleh Kaum Suku Kampai Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek dan Niniak Mamak IV Koto Mudiek.

Ketua KAN IV Koto Mudiek Djamaris Dt. Rajo Sati secara resmi memasangkan saluak kepada Irdam Nova Dt. Bandaro Hitam sebagai pengukuhan gelar Dt. Bandaro Hitam setelah dikukuhkan oleh Ketua KAN IV Koto Mudiek.

Saat itu juga di hadiri Oleh Camat Batang Kapas, Wali Nagari dan para tamu undangan.

Dalam Propsesi itulah adat salingka nagari. Dimana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Lain lubuk lain pula ikanya. Begitulah adat di Minangkabau. Setiap nagari lain pula kulturnya. Cara yang berbeda, namun maknanya dan tujuanya tetap sama. Rega Desfinal