Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sijunjung Gelar Bintek Tata Kelola Pustaka Sekolah Dasar

127

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Sijunjung, di Hotel The Aliga Padang, Selasa (13/3/2018).

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari ini, dari Selasa sampai Kamis (13 -15/3/2018), dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy dan diikuti oleh 35 peserta berasal dari pengelola perpustakaan SD se Kabupaten Sijunjung.

Pembukaan yang berlansung sederhana, dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias, Narasumber serta undangan lainnya.

Wabup berharap kepada peserta agar mengikuti Bimtek ini dengan baik, karena mengelola perpustakaan ini sangat sulit sekali, oleh karena itu, kita harus bisa mempergunakan kesempatan ini sebaik mungkin.

Ditambahkannya, setelah mengikuti Bimtek ini, agar bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang di emban, jangan hanya mengharapkan sertifikat saja.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis saat memberikan sambutannya juga berpesan kepada peserta Bimtek agar jangan takut untuk bertanya. “Apa yang tidak tau, langsung aja bertanya kepada narasumber, jangan sampai malu untuk mendapatkan ilmu ini,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias selaku ketua pelaksana melaporan, penyelenggaraan Bimtek ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman tentang pengelolaan perpustakaan yang baik pada masing masing sekolah.

serta agar semua pengelola perpustakaan SD se Kabupaten Sijunjung mampu menciptakan perpustakaan sekolah yang maju dan berkualitas, sesuai dengan standar yang berlaku.

Fasilitas yang diterima oleh peserta selama mengikuti pelatihan antara lain, member KIT, penginapan, makan siang dan malam, snack pagi dan sore serta sertifikat.

Sedangkan Narasumber berasal dari Dinas Perpustakaan Nasional dua orang, dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat satu orang serta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung satu orang,tambahnya. Andri Kampai.