Hujan Lebat, Jalan Kabupaten di Lubuktarok Sijunjung Tertimbun Longsor

585

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Akibat hujan lebat yang berkepanjangan mengguyur wilayah Kecamatan Lubuktarok, mengakibatkan akses jalan kabupaten antara Nagari Latang dan Nagari Lubuktarok dan Nagari Kampungdalam di Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat itu tertimbun material longsor.

Prestiwa bencana alam itu terjadi Rabu (21/3/2018) pagi. Atas adanya informasi tersebut Kapolsek Lubuktarok Iptu Polisi Syafrudin Arief dan Camat Lubuktarok, Dodi Katim beserta anggota langsung ke lokasi. Diketahui, bencana alam tanah longsor itu terdapat di tiga titik.

Tak beberapa lama kemudian Kapolsek Lubuk Tarok Iptu Syafrudin Arief, SH bersama Camat Lubuk Tarok Drs. Dodi Katim bersama tim BPBD Pemda Kabupaten Sijunjung langsung mendatangi lokasi dan menghubungi Dinas PU Pemda Kabupaten Sijunjung untuk menurunkan alat berat guna pembersihan tanah longsor yang menutupi jalan kabupaten itu.

“Diperkirakan bencana alam tanah longsor diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi pada Selasa (20/3/ 2018) kemarin,” ujar Iptu Syafrudin Arief kepada grup WhatsApp Humas Polres Sijunjung, Rabu (21/3/2018).

Adapun lokasi bencana alam tanah longsor di jalan kabupaten itu berada di Sialang perbatasan antara Nagari Lubuktarok dengan Nagari Latang. Akibat longsor tersebut mengakibatkan tertutupnya badan jalan, namun masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Bahkan di jalan umum Jorong Koto Nagari Kampungdalam juga tertimbun longsor. Bahkan akibat bencana tersebut mengakibatkan tertutupnya badan jalan. Malah jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Begitu pula di jalan umum Jorong Limausundai Nagari Kampungdalam juga tertimbun lonsor. Namun jalan di Jorong Limausundai itu masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Hingga berira ini tayang diketahui tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. “Pada pukul 10.30 WIB, alat berat Pemda Kabupaten Sijunjung sudah berada di lokasi mengurai dan membersihkan jalan dari material lumpur dan sekitar pukul 12.30 WIB alat berat telah selesai membersihkan jalan yang tertimbun tanah longsor. Jalan pun sudah bisa dilalui kembali oleh kendaraan roda dua maupun roda empat,” terang Kapolsek Lubuktarok dalam WhatsApp Humas Polres Sijunjung. Saptarius