IKM Sijunjung Dibina Majukan Industri Kreatif

242

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dagperinkop dan UKM) Kabupaten Sijunjung menggelar sosialisasi dan pembinaan terhadap pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Sijunjung, di Aula Dinas tersebut, Senin (26/3/2818).

Acara sosialisasi dibuka Bupati Sijunjung yang diwakili Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM, Em Yasri, SE, MM ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Padang yang sekaligus menjadi narasumber, dan juga hadir Kabid Industri Hendri Nurka, SSos, MSi.

Dalam sambutannya, Kadis Em Yasri dihadapan 40 orang peserta menyampaikan bahwa banyak potensi yang ada di Ranah Lansek Manih ini, baik industri kerajinan yang bergerak di bidang fesyen dan kerajinan tangan lainnya dalam bentuk pengembangan industri kreatif, melalui kelompok masyarakat yang tergabung dalam industri kecil menengah, sehingga nantinya akan dapat meningkatkan sumber daya manusia IKM, dan pada gilirannya akan mengangkat ekonomi rumah tangga.

“Jadi, dengan kegiatan pembinaan secara menyeluruh ini, diharapkan dapat mendorong pengembangan UMKM melalui beberapa kerjasama Pemerintah Daerah dengan berbagai pihak, dan diharapkan mendorong sinergi program langsung maupun tidak lansung dari pemerintah, sehingga bantuan atau kerjasama yang dilakukan dapat memberdayakan semua pihak,” harapnya.

Dikatakannya, pada saat ini pengembangan UMKM dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui Inkubator Bisnis, dimana peranan Inkubator Bisnis menjadi strategis karena dapat menciptakan lapangan kerja baru, dan dapat menjadi wadah dalam mengimplementasikan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh berbagai pihak yang dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung ini.

“Untuk itu, diharapkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai nanti dengan serius, dapatkan ilmu semaksimal mungkin, serta diharapkan juga nanti bisa menghasilkan produk berkualitas dan berkolaborasi yang kreatif dan bisa menghasilkan produk yang dikombinasikan,” harap Kadis Em Yasri. Andri Kampai.