Jalinsum Macet Dua Jam, Ada Longsor di Batang Dikek Tanjunglolo Sijunjung

204

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hujan lebat yang menguyur Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumbar sejak Jumat (2/3/2018) malam hingga Sabtu (3/3/2018) pagi menyebabkan ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di KM 145 Jorong Batang Dikek, Nagari Tanjung Lolo Kecamatan Tanjung Gadang, tertimbun material longsor dan menutupi seluruh badan jalan.

Tak ayal Jalinsum pun tak bisa dilewati. Lebih dari dua jam kendaraan yang melintasi Jalinsum itu terhenti sejak pukul 05.30 WIB. Diperkirakan sepanjang 20 meter material longsor itu menutupi badan jalan sehingga arus lalulintas dari arah Kiliranjao – Padang dan sebaliknya tertutup total.

Setelah mendapat informasi jajaran Polres Sijunjung berkoordinasi dengan Kadishub, PUPR dan BPBD Kabupaten Sijunjung serta melakukan serpas anggota ke lokasi.

Setelah dilakukan upaya bersama anggota dan masyarakat secara manual pada pukul 08.15 WIB arus lalu lintas sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup.

“Saat ini sedang dilakukan pembersihan dengan alat berat untuk upaya pembuangan materil longsor secara maksimal,” kata Kasat Lantas Polres Sijunjung, AKP Afrino Chan dan Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan,SP kepada Jurnal Sumbar, Sabtu (3/3/2018) secara terpisah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali dan Jalinsum masih bisa dilalui dengan sistem buka tutup dikarenakan alat berat sedang bekerja,” tambah kasat. Saptarius