KAN Lubuk Kilangan Tak Pernah Beri Kuasa Tuntut Hak Ulayat kepada Semen Padang

253

JURNAL SUMBAR | Padang – Klaim sepihak yang dilakukan oleh beberapa orang yang mengaku memiliki wewenang terhadap penguasaan tanah ulayat Nagari Lubuk Kilangan yang dihibahkan oleh niniak mamak kepada PT. Semen Padang meresahkan anak nagari setempat.

Atas kegiatan tersebut anak nagari melakukan demonstrasi dan membuat maklumat menuntut pihak Nurjanah Syukur, SH, Dasman, Dra Yusmaniar Tanjung, Ir. Mulawarman dan Adityawarman meminta maaf kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan.

Aksi pada Rabu (21/3/2018) demo massa yang dihadiri sekitar 100 an orang, menghasilkan maklumat yang ditandatangani oleh 85 orang dilakukan di depan Kantor KAN Lubuk Kilangan menghasilkan keputusan yang diterima oleh redaksi

Maklumat ini kami atas nama Anak Nagari Lubuk Kilangan dengan ini menyatakan bahwa:

Sampai saat ini ninik mamak kami yang berada di bawah naungan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan tidak pernah memberikan kewenangan kepada siapapun dan pihak manapun terkait dengan keberadaan tanah ulayat kami dan tuntutan Nagari kami terhadap PT. Semen Indonesia dan PT. Semen Padang (surat No. 5/KAN-LK/II-2018 Tanggal 05 Februari 2018 tentang surat PEMBERITAHUAN terlampir)
Kami Anak Nagari Lubuk Kilangan sangat mendukung semua perjuangan yang dilakukan oleh Niniak Mamak Adat yang berada dibawah naungan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan.

Kami Anak Nagari beserta Ninik Mamak Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan tidak pernah memberikan kuasa dan wewenang kepada: 1. Nurjanah Syukur SH, 2. DASMAN, 3. Dra Yusmaniar Tanjung, 4. Ir Mulawarman, 5. Adytiawarman (yang tercantum dalam surat kuasa No. 001/TA/II/2018 terlampir) untuk mengurus Tanah Ulayat Nagari Lubuk Kilangan.

Perlu kami beritahukan kepada semua pihak tentang Gelar Datuk Rajo Intan yang dipakai oleh sdr Ir. Mulawarman belum lah syah dan diakui secara hukum adat salingka Nagari di Lubuk Kilangan karena belum dilewakan atau diresmikan secara adat di Kerapatn Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan dengan arti kata yang bersangkutan belum diterima sebagai Datuk oleh Anak Nagari dan ninik mamak 5 Suku di Nagari Lubuk Kilangan. Kalau ada tindak tanduk atau prilaku yang bersangkutan mengatas namakan Ninik Mamak Adat Nagari Lubuk Kilangan itu adalah menjadi tanggung jawab pribadinya sendiri.

Pemberian kuasa yang dilakukan oleh 1. Nurjanah Syukur SH, 2. DASMAN, 3. Dra Yusmaniar Tanjung, 4. Ir Mulawarman, 5. Adytiawarman (tercantum dalam surat kuasa No. 001/TA/II/2018 terlampir) adalah merupakan suatu tindakan melanggar hukum dan sudah melecehkan Ninik Mamak dan Anak Nagari Lubuk Kilangan karena secara sepihak telah mengambil hak ulayat nagari Lubuk Kilangan dan ninik mamak adat enam suku kenagarian Lubuk Kilangan yang terangkum dalam KERAPATAN ADAT NAGARI (KAN) Lubuk Kilangan.

Perlu kami tegaskan, kekuasaan tertinggi di Nagari Lubuk Kilangan berada di tangan ninik mamak adat yang bernaung dibawah Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan
Perlu kami tegaskan kepada: 1. Nurjanah Syukur SH, 2. DASMAN, 3. Dra Yusmaniar Tanjung, 4. Ir Mulawarman, 5. Adytiawarman Agar segera menghentikan semua aktifitas terkait dengan tuntutan nagari Lubuk Kilangan dan Tanah Ulayat Nagari Lubuk Kilangan.

Perlu kami tegaskan kepada: 1. Nurjanah Syukur SH, 2. DASMAN, 3. Dra Yusmaniar Tanjung, 4. Ir. Mulawarman, 5. Adytiawarman agar segera meminta maaf kepada Anak Nagari Lubuk Kilangan dan Ninik Mamak Adat yang berada dibawah naungan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan. rilis