Lomba Dasawisma Berprestasi, Wartawati Nasrul Abit Pimpin Tim Penilai Provinsi di Sijunjung

210

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kelompok Dasawisma Cemara di Jorong Kurnia Kamang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamangbaru yang menjadi duta Sijunjung, Jumat (9/3/2018) dinilai Tim Lomba Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Ekspose pada lomba Dasawisma berprestasi itu dilaksanakan di PAUD/TK Kurnia Bundo, Jorong Kurnia Kamang, Nagari Kamang. Dalam lomba itu langsung dihadiri oleh Bupati Sijunjung diwakili Staf Ahli, Drs, Syahrial, MM.

Bahkan Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir Arifin dan Ny. Ria Arrival Boy, Ketua Dharmawanita, Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Camat, serta undangan lainnya juga hadir pada acara penilaian itu.

Rombongan tim penilai Dasawisma Berprestasi tingkat Sumatera Barat itu dipimpin Ny. Wartawati Nasrul dan rombongan.

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci alqur’an, pembacaan Do’a dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Sijunjung dan Mars PKK itu berlangsung khidmad dan lancar.

Bupati Sijunjung dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Syahrial tidak lupa mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Dasawisma Tingkat Propinsi Sumatera Barat. “Dasawisma bagian kecil dari PKK, sekaligus sebagai ujung tombak dalam10 program PKK di Nagari,” kata Bupati.

Ketua Tim Penilai, Ny. Wartawati Nasrul, menyebutkan penilaian yang dilakukannya di Sijunjung itu yang terakhir. “Enam kabupaten dan lima kota sudah dinilai. Kegiatan dasawisma sangat membantu pemerintah. Dengan 10 program kelompok dasawisma ini adalah ujung tombak dari PKK,” jelasnya.

Dijelaskan istri Wagub Sumbar itu, bahwa kegiatan PKK di nagari bisa diambil dari dana desa. “Untuk pengambilannya tentu dengan membuat program. Misal, dengan cara membuat pelatihan, menjahit, membordir, tenun dan sulam,” kata Ny. Wartawati Nasrul.

Dikatakannya, dasawisama adalah kelompok terkecil dari pertahanan keluarga. “Nah, dengan kegiatan PKK dan dasawisma kita bisa membantu untuk usaha kita,” terangnya.

Tim yang beranggotakan Fatmawati, Sekre PKK Provunsi Nanik Darlis, dan Hamidi itu juga melakukan peninjauan lapangan setelah mendengarkan ekspose dari Danti Safti Ketua PKK Nagaro Kamang. Andri Kampai.