Patut Diteladani, Kasat Lantas Sijunjung Berjibaku Bersihkan Material Longsor Jalinsum

122

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ada pemadangan haru dan menarik serta membuat simpatik di jalan negara. Lho ada apa? Coba tengok, ketika ruas jalan lintas sumatera (Jalinsum) di KM 145 Jorong Batang Dikek, Nagari Tanjunglol, Kecamatan Tanjung Gadang, Propinsi Sumatera Barat tertimbun material longsor dan menutupi seluruh badan jalan pada Sabtu (3/3/2018).

Penasaran? Lihat saja apa yang dilakukan Kasat Lantas Polres Sijunjung, AKP Afrino Chan, SH saat terjadi bencana alam berupa longsor menutupi badan jalan di Nagari Tanjunglolo itu.

Tanpa pikir panjang, sang kasat dan mantan anggota Brimob Bengkulu itu bajibaku tanpa kenal lelah membersih material lumpur yang menghambat jalan agar bisa dilewati kenderaan.

Perwira suka menolong itu bersama anggotanya di tengah hujan “berperang” membasmi lumpur yang menutup jalan negara di Jalinsum KM 145 tersebut. Itu semua dilakukanya demi kelancaran arus lalulintas di wilayah hukum Polres Sijunjung agar lancar, aman dan nyaman bagi pengguna jalan.

Tugas yang dilakukan Afrino Chan itu pantas diapresiasi. Ia tak kenal lelah rela berlumpur-lumpur asal arus lalulintas di wilayah hukum Polres Sijunjung dibawah komando AKBP Haji Imran Amir, SH, SIK itu lancar dan aman.

Alhasil, buah kerja keras sang kasat dan anggotanya bersama Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan, Kepala Dinas PUPR Sijunjung, Budi Syafarman dan anggotanya serta dibantu warga, kini jalan yang tertimbun material longsor itu sudah bisa dilewati.

“Alhamdulillah arus lalulintas sudah bisa dilewati meski harus sistem buka tutup. Memang tadi arus lalulintas dari arah Kiliranjao – Padang dan sebaliknya tertutup total. Tapi kini sudah lancar,” tambah Afrino Chan.

Meski jalan sudah bisa dilewati, Afrino dan anggotanya tetap berupaya melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat untuk upaya pembuangan materil longsor secara maksimal.

“Alhamdulillah, sampai siang tadi situasi dalam keadaan aman dan terkendali dan Jalinsum sudah mulai normal meski dengan sistem buka tutup dikarenakan alat berat sedang bekerja,” tambah kasat.

Sosok Afrino Chan dikenal sosok polisi penolong dan penyantun. Bahkan belum lama ini ia juga tak sungkan-sungkan membantu sopir truk yang ban mobilnya pecah. Tanpa diminta, sang kasat itu pun membuka ban mobil dan membantu memasangkannya.

Tak heran, anggotanya pun kaget melihat ulah sang kasat penolong itu. “Ya, dalam Islam kita diajarkan untuk saling tolong menolong sesama hamba Alloh SWT tanpa harus memandang status,” kata Afrino Chan bangga pada Jurnal Sumbar. Saptarius