Peserta Uji Kopetensi LSP Kementerian Tenaga Kerja BLK Sijunjung Kantongi Sertifikasi Nasional

208

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Usai uji teori, Senin (19/3/2018) siang, 48 peserta didik Balai Latihan Kerja (BLK) Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat mengikuti ujian praktek. Dalam Uji Sertifikasi Kopetensi yang dilaksanakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia di BLK Sijunjung, peserta yang lulus akan mengantongi sertifikasi nasional.

Ke-48 peserta pelatihan BLK itu paginya telah mengikuti uji teori dalam ujikopetensi. Dan siangnya, mereka pun melaksanakan uji praktek.

“Semua peserta wajib mengikuti uji praktek, dan mempraktekan secara langsung dari hasil uji teori yang sudah mereka laksanakan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Sijunjung, Riky Mainaldi Neri, S.STP, MSi kepada Jurnal Sumbar, saat meninjau tes praktek uji setifikasi LSP itu.

Disebutkan Ruky, ke-48 anak didik BLK Sijunjung itu telah mengikuti pelatihan sejak 29 Januari dan berakhir 13 Maret 2018. Sejak Senin (19/3/2018) pagi hingga siang mereka mengikuti uji kopetensi untuk mengantongi sertifikasi nasional dar LSP Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia tahun 2018.

Senin (19/3/2018) akhir dari perjalanan ke-48 anak didik BLK Sijunjung setelah mereka menimba ilmu pendidikan selama 240 jam. Uji kopetensi yang diikuti anak didik BLK Sijunjung itu terdiri dari program Teknisi HP sebanyak 16 peserta diantaranya 4 siswa putri. Selain itu juga ada yang gembleng program ilmu jurusan Drafter (gambar bangunan) menghitung RAB, perencanaan dan desain bangunan yang diikuti 16 peserta dan 3 orang peserta putri.

Bahkan program jurusan kelistrikan juga diajarkan kepada 16 peserta dan 1 peserta putri dengan rangkaian yang di uji rangkai listrik yang dinpraktekan langsung. Bahkan 12 orang diantaranya sudah ditunggu perusahaan di Batam untuk bekerja disana.

Mereka diuji tim penguji yang berasal dari LSP Kementerian Tenaga Kerja RI. Mereka adala Lili Febrina, SPd (Listrik), Lastuti, SPd (HP) dan Eli Yarni, AMd penguji Gambar Bangunan. Seteah lulus mereka akan mengantongi sertifikasi pelatihan dari LSP Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Saptarius