Re-Launching Produk Unggulan dan SMESCO Minang Festival Berlangsung Sukses

392
Pukul gendang bersama pertanda dimulainya kegiatan Re-Launching Produk Unggulan dan SMESCO Minang Festival. Ist

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Republik Indonesia, Ny. Hj. Mufidah Jusuf Kalla, membuka secara resmi Re Launching Produk Unggulan Provinsi dan Smesco Minang Festival di Lantai 3 Creative Stage, Smesco Indonesia, Jakarta, Sabtu (31/3).

Ajang penampilan produk kreatif Ranah Minang tersebut, turut juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga, Istri gubernur DKI Ny. Anies Baswedan, Duta Besar Negara Sahabat, Gubernur dan Wagub Sumbar, Ketua Dekranasda Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua Bundo Kanduang Prof. Raudha Thaib, beberapa kepala OPD Pemprov terkait, Bupati Walikota se-Sumatera Barat, serta ketua Dekranasda provinsi dan kabupaten/kota se Sumbar, termasuk sejumlah tokoh perantau Minang Jabodetabek.

Gubernur dan tamu kehormatan disambut dengan Siriah di Carano. Ist.

Ketua Dekranas, Ny. Mufidah Jusuf Kalla mengingatkan, untuk mengembangkan produk kerajinan daerah, hendaknya tetap mengutamakan pemakaian bahan baku lokal, sehingga ke khas-an ciri daerah tersebut, tetap nampak dan tetap unik.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bukan karena saya orang minang saya hadir saat ini, namun jika daerah lain menggelar kegiatan ini, maka saya akan hadir juga,” ujar Isteri Wapres.

Gubernur Irwan Prayitno

Terinspirasi dengan pantun Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno yang sebelumnya telah memberikan sambutan, Ny. Mufidah JK juga tak mau kalau untuk menyampaikan sebait pantun, “Anak dara pandai menulis, Tulisannya jadi berita,
Jangan bilang kita nasionalis, Jika tidak memakai produk nusantara”.

Menkop UKM, Puspa Yoga melaporkan, Gedung Smesco Indonesia sudah memiliki konsep baru dan telah dijadikan semacam miniaturnya Indonesia yang menyajikan seluruh produk unggulan, termasuk kuliner nusantara.

Ny. Mufidah JK

“Untuk merangsang daerah memanfaatkan Smesco Indonesia, saya menggratiskan lantai 3 ini. Silahkan pakai gratis. Tapi lantai 4 sampai lantai 17 itu ada tarif yang ditetapkan Kemenkeu,” terang Menkop Puspa Yoga.

Lebih lanjut Puspa Yoga mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Ny. Nevi Irwan Prayitno Ketua Dekranasda Sumbar yang telah beberapa hari berada di SMESCO mengatur dan menata acara, sehingga acara hari ini berjalan dengan sukses.

Menkop UKM, Puspa Yoga

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Nevi Irwan Prayitno, yang sedari kemaren telah berada di sini dan bekerja keras menata dan mengatur acara ini. Untuk itu saya ucapkan terima kasih yang mendalam kepada Bu Nevi,” ulas Puspa Yoga yang disambut tepuk tangan hadirin yang hadir lebih dari 500 orang tersebut.

Selanjutnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan terima kasih kepada ibu Mufidah JK sebagai Ketua Dekranas yang telah hadir langsung, Menteri KUKM yang telah memfasilitasi sarana promosi produk unggulan Provinsi Sumatera Barat di smesco Indonesia, Jakarta.

“Walau produk unggulan kita di Sumatera Barat cukup unik dan menarik, namun jika tidak dipromosikan, tentu akan sulit dikenal di pasaran,” ujar Gubernur sembari menyampaikan, di lokasi Minang Festival ini, juga menyajikan makanan dan sejumlah kuliner Minang.

Disamping itu, Gubernur juga menyatakan, bahwa kekayaan khazanah budaya terutama tentang baju adat di Minangkabau yang sangat beragam. Diperkirakan lebih dari 600 pakaian adat Minangkabau. Malah kemungkinan bisa sampai 800-an lebih ragam pakaian adat Minangkabau yang perlu dilestarikan keberadaannya.

Menurut laporan ketua panitia Smesco Minang Festival, bahwa acara ini terselenggara berkat sinergi program Kementerian KUKM dengan Dekranas.

“Kegiatan ini merupakan langkah strategis promosi produk-produk unggulan UKM Sumatera Barat,” katanya.

Diakhir acara ditutup dengan penyerahan buku tulisan Prof. Raudha Thaib tentang adat dan budaya Minangkabau dari Pemprov Sumbar kepada ibu Ketua Dekranas Ny. Mufidah JK.

Dalam acara ini juga ditampilkan berbagai tarian dan fashion show ragam busana adat dari seluruh kabupaten dan kota se Sumatera Barat. Advertorial