Wabup Arrival Boy Ajak Masyarakat Guguak Koto VII Lestarikan Budaya Berkaul Adat

127

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy hadiri acara berkaul adat yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Persatuan Olahraga Guguak Sekitarnya (POGS) Jorong Koto Guguak, Nagari Guguak, Kecamatan Koto VII, Kamis siang (1/3/2018).

Acara berkaul adat ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Liswandi, anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung, Epi Radisman, Kepala OPD, Camat dan Forkopimcam Kecamatan Koto VII, Wali Nagari se Kecamatan Koto VII Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.

Acara berkaul ini dilaksanakan adalah dalam rangka untuk menolak bala. “Yaitu untuk menolak datangnya penyakit yang berbahaya, menular, dan penyakit yang akan merusak hewan dan tanaman masyarakat,” kata salah seorang niniak mamak yang sekaligus ketua panitia pelaksana Khaidir Dt. Pangulu Kayo kepada Jurnal Sumbar.

Ditambahkannya, acara berkaul adat ini sudah lama tidak dilaksanakan, mungkin hampir 35 tahun tidak pernah dilaksanakan. “Maka untuk itu Niniak Mamak bermusyawarah bagai mana supaya acara budaya berkaul adat ini bisa di laksanakan lagi, maka bisa saja acara ini disebut berkaul adat mambangkik batang tarandam,” katanya.

Wakil Bupati Arrival Boy mengapresiasi dilaksanakannya kembali acara berkaul adat di nagari guguak ini. Ia mengharapkan kepada niniak mamak dan tokoh masyarakat agar bersama sama menjaga budaya yang sudah menjadi kebiasaan di nagari ini.

“Mari kita bersama sama menjaga serta melestarikan budaya kita yang ada, terutama berkaul adat ini, mari bagi pemuda/pemudi untuk ikut serta dalam mengembangkan dan melestarikan budaya berkaul adat ini,” Ajak Wabup. Andri Kampai