Wagub Nasrul Abit Minta Pejabat Eselon Tingkatkan Disiplin

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Padang – Tidak seperti biasanya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit memutuskan memeriksa absensi dan menghitung langsung jumlah peserta apel pagi saat menjadi Pembina Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Senin (2/4). Pemeriksaan kehadiran peserta apel pagi tetap dilakukan Wakil Gubernur walaupun telah menerima laporan jumlah peserta dari komandan tiap barisan di permulaan apel.

Usai melakukan pemeriksaan, Nasrul Abit menjelaskan, ia sengaja memeriksa langsung tiap barisan, terutama Eselon III, karena hari-hari ini, kadang-kadang Eselon III ini hanya hadir cuma 30-40 persen saja.

Nasrul Abit menambahkan, rendahnya kehadiran Eselon III pada apel pagi adalah hal yang sangat disayangkan mengingat Eselon III merupakan pejabat penyelia yang menghubungkan staf dengan Eselon II. Dengan fungsi tersebut, sudah semestinya Eselon III menjadi panutan bagi dan memonitor ASN di bawahnya, yakni Eselon IV dan staf.

PERANTAU SIJUNJUNG

“Saudara memiliki tanggungjawab untuk memanage. Kalau kita memanage itu, kita harus jadi panutan. Nah kalau kita tidak bisa jadi panutan, bagaimana akan memanage orang lain? Bagaimana akan menertibkan orang lain kalau diri sendiri saja tidak tertib?,” imbuhnya.

Terkait kehadiran dan disiplin ini, selain pesan khusus kepada Eselon III di lingkungan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit juga mengingatkan ASN peserta apel secara umum agar tidak setengah-setengah menjalankan disiplin dan menghayati tugas.

Terkait hal itu, Wagub menyinggung sejumlah tuntutan kenaikan tunjangan daerah bagi ASN di lingkungan Pemprov Sumbar yang ia katakan sering didengungkan dan terdengar akhir-akhir ini. Wagub menjelaskan, dalam kondisi keuangan daerah yang sempit dan terbatas, anggaran yang akan digunakan untuk mewujudkan hal tersebut dapat menyebabkan anggaran pembangunan daerah tersedot. Dengan kata lain, kenaikan tunjangan daerah secara tidak langsung akan mengurangi berbagai pembangunan di Sumbar yang manfaatnya jelas-jelas dirasakan langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu, seandainya benar ingin dinaikkan, ASN di lingkungan Pemprov Sumbar harus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, antara lain dengan disiplin, tanggung, jawab, dan kinerja yang optimal.

“Kalau begini kan tidak fair, minta kenaikan tunjangan tapi kehadiran saja kurang,” pungkas Nasrul Abit.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.