Wabup Arrival Boy Bahas Sanitasi dengan Tim AKKOPSI Nasional

116

JURNAL SUMBAR | Sijunjung –
Tim aliansi kabupaten/kota peduli sanitasi (AKKOPSI) Nasional bersama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumatera Barat dan Sharoon dari (Global Wash SNV) Belanda kunjungi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Kamis (5/4/2018).

Kedatangan tim AKKOPSI dan rombongan untuk melihat sejauh mana progres kegiatan sanitasi air bersih dan kesehatan masyarakat di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

Selain melihat progres sanitasi air bersih, tim juga meng-update data akses jamban kabupaten dan melihat target capaian yang akan dilakukan oleh pokja AMPL Kabupaten Sijunjung.

Rombongan yang dipimpin, Direktur eksekutif AKKOPSI Nasional, Josrizal Zain diterima Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy di aula Bapppeda Kabupaten Sijunjung.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bapppeda, Kepala Dinas PerkimLH, Forum Kabupaten Sehat serta dari Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Sijunjung, Direktur eksekutif AKKOPSI Nasional, mengatakan mengkonsumsi air tercemar dan buang air besar di tempat terbuka menjadi hal yang lazim di pedesaan, terutama negara-negara berkembang.

Padahal, sebut Josrizal Zain, kebiasaan buruk itu bisa mengancam kelangsungan hidup dan merusak kesehatan.

Bahkan, tanpa disadari dapat memicu penyakit berbahaya. “Semua orang harus memiliki fasilitas sanitasi yang memadai dan kualitas air yang baik. Sudah terlalu banyak orang yang terkena penyakit akibat tertular oleh kuman dan penyakit yang berkembang biak di air kotor,” tegasnya.

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy mengucapkan selamat datang kepada tim Akopsi Nasional Josrizal Zain dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumatera Barat serta Sharoon dari (Global Wash SNV) Belanda di kabupaten Sijunjung.

“Terima kasih, atas kedatangan tim AKKOPSI dan rombongan ke Sijunjung,” ucap Arrival Boy.

Orang nomor dua di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih ini mengatakan Pemkab Sijunjung mendukung penuh kegiatan sanitasi air bersih dan kesehatan masyarakat.

Salah satunya, sebut Wabup, mengalokasikan dana untuk program sanitasi air bersih dan kesehatan masyarakat.

Namun begitu, Arrival Boy juga berharap dukungan dari Pokja AMPL dan semua lapisan masyarakat.

” Untuk memenuhi sarana sanitasi air bersih ini, kami sangat berharap dukungan dan masukan serta bantuan AKKOPSI Nasional,” tuturnya. Azet Humas