Bentuk Organisasi “Sopan”, Pemkab Pessel Dorong Pelajar Anti Narkoba

56
Rinaldi

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membentuk organisasi anti narkoba tingkat pelajar. Organisasi ini akan menjadi lembaga edukasi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba dilingkungan pelajar.

“Dalam pencegahan penyalagunaan narkoba ini, kita juga bentuk Sopan atau disebut solidaritas siswa anti narkoba. Ini sebuah organisasi tingkat pelajar dan sebagai edukasi pelajar untuk meminimalisir penyalagunaan narkoba,” ujar Kabag Kesbangpol Setda Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Rabu (25/4/2018).

Ia menjelaskan, pembentukan organisasi pencegahan narkoba tingkat pelajar ini sudah mulai dilakukan melalui pendekatan di setiap tingkat sekolah. Salah satunya menyampaikan tentang dampak bahaya narkoba di sesi kegiatan sosilasasi yang telah dilakukan.

“Tahap pertama tahun 2018 sudah kita lakukan 15 SLTA. Dan ini kita tampilkan dengan sosilisasi dan mengedukasi pelajar tentang Sopan yang akan dibentuk,” ujarnya.

Dengan terbentuknya organisasi Sopan ini, pihaknya mengharapkan peran aktif siswa untuk andil mencegah narkoba. Sebab, dengan berbagai langkah yang dilakukan, Pesisir Selatan harus benar-benar terbebas dari bahaya narkoba.

“Nanti setelah kita bentuk 30 Sopan di tingkat pelajar baru kita lakukan pembinaan. Dengan ini kami harapkan Pessel dapat terbebas dari narkoba,” pungkasnya. (Rega Desfinal)