Buka Pelatihan Kewirausahaan, Sekda Zefnihan: Generasi Muda Didorong Jadi Pengusaha

120
Sekda Zefnihan serahkan seminar kit kepada peserta pelatihan kewirausahaan. Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung selenggarakan Pelatihan Manajemen Kewirausahaan bagi generasi muda nagari Se Kabupaten Sijunjung di Hotel Bukit Gadang di Muaro Sijunjung, Senin (23/4).

Acara yang dibuka Sekretaris Daerah, Zefnihan, AP, MSi ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari dua angkatan yang berasal dari generasi muda beumur 18 sampai 35 tahun, dan memiliki usaha kecil.

Pelatihan manajemen kewirausahaan yang dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny. Endra Yuswir Arifin dan Kadis Nakertrans, Riky Mainaldi Neri, SSTP, M.Si ini ditandai dengan penyerahan pakaian kerja lapangan oleh Sekretaris Daerah kepada perwakilan peserta.

Pada sambutannya Sekdakab Zefnihan menegaskan, pemerintah daerah telah dan akan terus berupaya membuat kebijakan di bidang penempatan dan perluasan kesempatan tenaga kerja muda untuk berwirausahaan dengan harapan mampu bekerja dan menciptakan lapangan kerja.

“Tenaga kerja muda sangat dituntut memiliki energi, talenta dan kreativitas untuk membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mampu menjadi agen perubahan dalam menciptakan pondasi perekonomian kita dimasa mendatang,” ujarnya.

“Untuk itu, diharapkan kepada peserta bersungguh-sungguh dan serius mengikuti penyampaian materi dari narasumber, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, para generasi muda yang ada di nagari dan desa mampu menyamakan persepsi, pemahaman, motivasi dan kreatifitas dalam menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, serta mampu mengurangi pengangguran di Kabupaten Sijunjung ini,” harapnya.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri selaku ketua pelaksana melaporkan bahwa pelatihan manajemen kewirausahaan ini dilaksanakan 2 angkatan, bagi angkatan pertama dimulai Senin sampai Rabu (23 – 25/4) dan angkatan kedua mulai Senin sampai Rabu (7 – 9/5) mendatang.

Narasumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan Perusahaan Repans House Group Padang, Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Pimpinan AET Travel Cabang Sijunjung dan Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung.

Kepada peserta diberikan seminar kit, konsumsi selama pelatihan, akomodasi/ penginapan selama dua malam, pakaian kerja lapangan dan penggantian transportasi, tambah kadis riki. Andri Kampai