Bupati Yuswir Arifin Canangkan Nagari Binaan Gerakan Pengurangan Sampah

114

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung Yuswir Arifin membuka secara resmi acara sosialisasi manajemen pengelolaan sampah, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 tahun 2018 dan pencanangan nagari binaan gerakan pengurangan sampah Reduce, Reuce dan Recycle (GPS 3 R), dan Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma, di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa (17/4/2018).

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Endra Yuswir dan Ny. Ria Arrival Boy, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Ir. Novarita, narasumber dari Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Wilda Yanti, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Instansi Vertikal, Ketua Organisasi Wanita, Wali Nagari dan undangan lainnya.

Rangkaian acara tersebut yaitu, pembacaan kalam ilahi yang dibacakan oleh Syafriwandi, pembacaan doa oleh Asrizal Sag dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Sijunjung, dan lagu Mars PKK.

Kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Bidang pada Dinas Perkim LH Kabupaten Sijunjung, Roni Sudirman, S.STP, pembacaan sejarah singkat Gerakan PKK oleh, Ny.Endra Yuswir, sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, dan dilanjutkan dengan yel yel Dasa Wisma oleh TP. PKK Kecamatan IV Nagari.

“PKK melalui Dasa Wisma merupakan mitra Pemerintah Daerah dan OPD dalam menjalankan programnya, itu semua sudah tertuang dalam 10 Program Pokok PKK,” kata Bupati Yuswir Arifin pada saat menyampaikan sambutannya.

Salah satunya tentang pencanangan nagari binaan gerakan pengurangan sampah Reduce, Reuse dan Recycle (GPS 3 R) yang akan di sosialisasikan pada saat ini oleh Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Wilda Yanti.

Acara ini juga ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sijunjung tentang Peran Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dalam mensukseskan 10 program pokok PKK.

Serta Pencanangan Nagari Binaan Gerakan Pengurangan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (GPS 3 R) dan pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Yuswir Arifin dan dilanjutkan dengan pembuangan sampah terpilah ke dalam tong sampah terpilah yang telah disediakan.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan keputusan Bupati Sijunjung tentang penetapan nagari binaan GPS 3R, diantaranya Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung, Nagari Palangki Kecamatan IV Nagari, Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, Nagari Tanjuang Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus, Nagari Kampung Dalam Kecamatan Lubuak Tarok, Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang, Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru.

Serta dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan perintis Bank Sampah kepada, Lextria, Direktur Bank sampah bumi lestari Tanah Badantuang, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Zainal, Wali Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, Miswarni, Direktris Bank sampah PKK Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, Adam,A.Ma, Wali Nagari Tanjuang Bonai Aur Kecanatan Sumpur Kudus, dan Surya Mardayani, Direktris Bank Sampah Berkah Logas Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung.

Dipenutupan acara semua peserta dihibur dengan Senam Maumere dan dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun kesatuan gerak PKK ke-46 yang di iringi dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun dan pemotongan kue serta bupati menyuapkan kue kepada Ketua TP PKK. Andri Kampai.