Hari Kartini, Polwan dan ASN Polres Sijunjung Berbagi dengan Simiskin

127

JURNAL SUMIBAR | Sijunjung – Sosok Raden Ajeng Kartini (RA Kartini) tampak tidak lepas menjadi topik pembicaraan seputar emansipasi wanita. Di Hari Ulang Tahun RA Kartini pula, jajaran Polisi Wanita (Polwan) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, dibawah komando Kapolres AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH, menunjukan kepeduliannya kepada warga miskin.

Nilai emansipasi wanita memiliki arti proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju dan peduli pada sesama. Nilai-nilai luhur RA Kartini itu dimiliki para Polwan dan ASN Polres Sijunjung.

Terbukti, pada Sabtu (21/4/2018) bertepatan di HUT RA Kartini tahun 2018 ini, setalah pelaksanaan apel pagi Polwan dan ASN Polres Sijunjung mendatangi warga kurang mampu seorang perempuan yang hidup menjanda.

Nenek miskin bernama Taba, 91 tahun, yang berprofesi sebagai petani warga Jorong Muaro Gambok, Nagari Muaro itu kini tak setangguh ketika usia muda. Meski umurnya hampir satu abad, namun si nenek Taba tetap bersemangat seperti perjuangan RA Kartini.

Tersentuh dengan si nenek, para Polwan dan ASN Polres Sijunjung pun menyambangi si nenek. Tak kurang dari 29 Polwan termasuk ASN Polres Sijunjung mendatangi kediaman nenek Taba.

Di rumah nenek Taba itu, para pelindung dan penngayom masyarakat itu sempat berbincang dengan si nenek. Usai panjang lebar bercerita, Polwan dan ASN Polres Sijunjung itupun memberikan bantuan Tali Asih ala Polwan dan ASN pada si nenek.

“Kegiatan Tali Asih Polwan dan ASN Polres Sijunjung, merupakan kegiatan sosial untuk membantu untuk meringankan beban seorang janda yang kurang mampu bernama nenek Taba,” kata Nasrul Ajo, Paur Humas Polres Sijunjung.

“Kegiatan itu spontan, usai apel pagi dan goro di Masjid,” tambah Nasrul Ajo.

Pada saat kehadiran Polwan dan ASN Polres Sijunjung tersebut si nenek. Taba sangat terharu dan bersyukur. “Mudah-mudahan peberian ini bisa membantu dan berkah,” ucap salah seorang Polwan Polres Sijunjung berdoa. Selamat HUT RA Kartini dan Selamat Buat Polwan dan ASN Polres Sijunjung semoga selalu menjadi Kartini-Kartini Hebat!. Saptarius