Jalan Negara “Jalinsum” di Ruas Sijunjung Rusak Parah

411

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Memprihatinkan. Kondisi ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di sejumlah titik di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, benar-benar memprihatinkan.

Jalan negara itu banyak yang rusak, bergelombang dan berlubang, bahkan juga ada yang terban. Tak jarang, akibat jalan rusak itu banyak mengancam keselamatan pengendara, terutama roda dua.

Pantauan Jurnal Sumbar di sepanjang Jalinsum itu terdapat di sejumlah titik ruas Jalinsum kini dalam keadaan kronis dan akut.

“Jika jalan lintas ini tak segera diperbaiki bukan tak mungkin berakibat vatal bagi pengguna jalan terutama kenderaan roda dua,” ucap Oyon salah seorang pengguna jalan di Sijunjung kepada Jurnal Sumbar, Senin (9/4/2018).

Ruas Jalinsum yang rusak parah itu berada di Kandangbaru. Selain banyak yang berlobang dan bergelombang juga ada yang terban. Begitu pun di Ampeknagari, persisnya dekat SPBU juga banyak yang berlobang dan rusak
Bahkan kalau musim hujan ruas jalan itu seperti danau.

Tak heran jika suatukali Wabup Sijunjung, Arrival Boy juga sangat prihatin melihat kondisi jalan propinsi dan negara di Sijunjung itu. Carut-marut jalan rusak itu juga terjadi di ruas jalan propinsi dari Tanahbadantung ke Tanjung Ampalu juga banyak yang rusak.

Bahkan Wabup Arrival Boy berharap ada perhatian khusus Pemprop dan Pempus (pemerintahan pusat) untuk memperbaiki jalan propinsi dan negara itu.

“Jalinsum dan jalan propinsi itu kewenangan pusat dan propinsi,” ujar sebuah sember penting di Sijunjung. Saptarius