Ke Lengayang, Lisda Hendrajoni Suprise Disuguhi Makan Bajamba dan Putu Kambang

125
Makan bajamba di Kambang Lengayang. Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Ketua PKK Provinsi Sumbar Ny. Dra. Hj. Nevi Irwan Prayitno disuguhi makan bajamba oleh Tim PKK Kecamatan Lengayang yang diketuai oleh Ny. Zoni Eldo di Kambang, Kamis (19/4/2018)

Ketua TP PKK Pessel, Ny. Hj. Lisda Hendrajoni, SE., M.M.Tr saat mendampingi istri Gubernur IP itu mengaku suprise dengan tata cara adat istiadat itu.

Lisda Hendrajoni dan Nevi Irwan Prayitno makan Putu Kambang. Ist.

Menurut Lisda, salah satu cara merawat tradisi, maka makan bajamba perlu terus dilestarikan. “Terutama dalam agenda-agenda PKK baik level kabupaten maupun ditingkat kecamatan,” ujarnya.

Terlebih menurutnya, makan bajamba mengandung nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong. “Menu yang disajikan sangat beragam dan masing-masing jamba lengkap dan siap dihidangkan pada tamu,” ujarnya.

Kambang juga punya kuliner yang khas, yaitu Putu Kambang. Olahan makanan ini diproses dalam balutan tradisi yang sarat makna. Produknya higienis dan kaya gizi.

Wajar jika banyak tamu yang suka dan menikmati gurihnya Putu Kambang. Bahkan menu unik ini belum diproduksi secara massal, dan hanya ditekuni secara turun temurun. rilis