KPUD Sijunjung Sosialisasikan Tahapan Pemutahiran Data Pemilih Pemilu 2019

136

JURNAL SUMBAR | Sijunjung- Sebanyak 25 peserta dari Parpol, Ormas, Kesbangpol, Dinas Pendidikan, BEM Stiper, Panwaslu/Bawaslu dan utusan Polres Sijunjung, Rabu (4/4/2018) mengikuti Sosialisasi Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih untuk Pemilu 2019.

Sosialisasi Tahapan Pemuktahiran Data Untuk Pemilu 2019 dengan melibatkan Stakeholder se-Kabupaten Sijunjung itu dibuka secara resmi Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sijunjung, Taufiqqurahman, S.Ag, MSi.

Kegiatan itu juga dihairi komisioner KPUD Sijunjung, Lindo Karsyah, SS, Atika Triana, SPt, Didi Cahyadi Ningrat, SH, Ade Yulanda, SH, MKn dan Irzal Zamzami, MSi (Sekretaris KPUD) Sijunjung juga hadir.

Menurut Ketua KPUD Sijunjung, kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk mensosialisasikan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu Tahun 2019.

“Dengan adanya sosialisasi ini setidaknya bisa memberikan pemahaman kepada stakeholder di Kabupaten Sijunjung, terutama tentang kondisi dan dinamika data kependudukan di Kabupaten Sijunjung agar dapt mengunakan hak pilih secara konstitusional pada pemilu tahun 2019,” jelas Ketua KPUD Sijunjung Taufiqurahman dan komisioner lainnya.

Dijelaskannya, diharapkan para peserta dapat berpartisipasi aktif dalam proses pemutakhiran data pemilih kepada masyarakat luas dan basis masing-masing agar hak pilih mereka dapat digunakan secara benar dan sah dalm pemilu tahun 2019 nanti.

Diterangkan ketua KPUD Sijunjung, kegiatan itu juga membahas tentang kesiapan Kabupaten Sijunjung untuk kehadiran para Pantarlih (Coklit) di rumah masing-masinh pada tanggal 17 April hingga 17 Mei 2018.

“Nah, untuk itu kita minta agar penduduk dapat memberikan informsi yang benar tentang data kependudukanya pada Pantarlih (Coklit).

Sosialiasi itu juga menghadirkan pemateri Kepala Dinas Kependudukan. dan Capil Sijunjung, Yenuarita dan Komisioner KPUD Sijunjung Lindo Karsyah. Kedua pemateri itu secara gembleng menyampaikan materi masing-masing.

Kadis Kependudukan dan Capil itu secara terbuka menyampaikan jumlah pemilih Sijunjung 167.580 pemilih dengan rincian pemilih perempuan 83.398 dan laki-laki 84.184 pemilih dan itu terhitung semester II tahun 2017.

Sedangkan Lindo Karsyah (Kordiv. Perencanaan dan Data) dari KPUD Sijunjung mebahas sosialisasi Pemutkahiran data pemilih pemilu 2019, yang lebih memfokuskan tentang tahapan kerja KPU Kabupaten Sijunjung dalam proses pemutakhiran Data Pemilih yang akan dimulai dengan kegiatan Pantarlih sejak tanggal 17 April sd 17 Mei 2018.

“Tahapannya berupa penyusunan data pemilih (DPS, DPSHP, dan DPT) dan diantaranya berupa kegiatan/proses tersebut ada tahapan masukan dan saran dari masyarakat untuk kesempurnaan data tersebut,” jelas mantan wartawan Harian Singgalang itu memaparkan.

“Nah, untuk itu KPU berharap kepada seluruh pihak terkait dan masyarakat luas dapat menerima kehadiran petugas pemutakhiran data pemilih secara baik serta memberikan semua informasi yg dibutuhkan secara baik dan benar,” pinta Lindo. Saptarius