Paban V Bakti TNI Sterad Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan di TMMD Sibakur

122

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Program TMMD ke -101 Kodim 0310/SS yang dilaksanakan di Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung gadang, Kabupaten Sijunjung, salah satunya penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bertempat di Lapangan Bola Kaki Nagari Sibakur.

Penyuluhan Wasbang sebagai bagian dari program TMMD Kodim 0310/SS yang ke – 101 tahun 2018, dalam kegiatan penyuluhan ini dihadiri olehTim Wasev Kolonel Inf Edison, S.E, MM Paban V Bakti TNI Sterad, Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Staf Ahli Drs.Syahrial, MM, Dansatgas TMMD Letkol Inf Irfan Yusri, Kabagren Polres Sijunjung, Sekretaris DPMN Khamsiardi,S.STP, Danki Satgas Kapten Inf M. Y. Lubis, Pasiter Kapten Inf Naspi, Unsur Forkopimcam Tanjung Gadang, Pemuda Pancasila, FKPPI Kabupaten Sijunjung, perangkat nagari serta Masyarakat Nagari Sibakur, Kamis, (19/04/18)

Dalam sambutannya Dansatgas TMMD ke 101 Letkol Inf Irfan Yusri mengatakan selamat datang kepada tamu kita dari pusat Tim Wasev Kolonel Inf Edison, S.E, MM Paban V Bakti TNI Sterad dalam rangka TMMD ke 101 Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung yang sudah berjalan lebih kurang dua minggu.

Kolonel Inf Edison, S.E, MM Paban V Bakti TNI Sterad menyampaikan bahwa TMMD ini dilaksanakan satu tahun tiga kali. “TMMD itu lahir sejak tahun 1980, sebelumnya TMMD itu disebut AMD kemudian setelah reformasi baru disebut TMMD. Tapi tujuannya adalah sama,” katanya.

Kalau kita melihat zaman dahulu, pejuang-pejuang kita banyak dari masyarakat desa-desa, tapi dengan perkembangan zaman malah desa-desa kita ketinggalan, padahal masyarakat kita jaman dahulu jasanya sangat besar sekali, oleh karena itu pak Harto pada tahun 1978 ulang tahun ABRI di Pekanbaru, waktu itu panglimanya pak Edi Yusuf, berharap agar TNI bisa menyentuh hati masyarakat di pedesaan sekaligus mengucapkan terimakasih kepada masyarakat pedesaan supaya desanya tidak ketinggalan, paparnya.

Dengan harapan tidak ketinggalan ekonomi masyarakat desa tersebut, dengan adanya penyuluhan wawasan kebangsaan ini untuk mengantisipasi serangan dan ancaman dari negara luar pada bangsa kita jadi sekarang sudah banyak yang berupaya supaya TNI pisah sama masyarakat, padahal TNI berasal dari rakyat, oleh sebab itu negara luar berpikir kalau mau menyerang negara kita, karena masyarakatnya saling bahu membahu,

” lUntuk itu keakraban TNI dengan Masyarakat mari kita jaga silaturahmi dengan baik jangan sampai putus dan kita lestarikan sampai kapan pun,” tegas Kolonel Inf Edison.

Sementra itu, kata Kolonel Inf Edison diharapkan dengan kegiatan Program TMMD sasaran Fisik maupun non Fisik bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan akan mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara, harapnya.

Setelah kegiatan Wasbang selesai dan dilanjutkan dengan makan siang bersama, Paban V Bakti TNI Sterad Kolonel Inf Edison,S.E,M.M yang didampingi Bupati, dan yang lainnya melanjutkan tinjau lokasi TMMD sasaran fisik yang panjangnya 3.000 meter di Nagari Sibakur tersebut. Andri Kampai.