Peringati Hari Kartini, Murid dan Guru SD Negeri 03 Ampang Pulai Pakai Kebaya

156
Kepala Sekolah, guru dan murid poto bersama usai upacara peringatan Hari Kartini. ist

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Sekolah Dasar Negeri 03 Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan gelar upacara peringatan Hari RA Kartini yang jatuh pada 21 April 2018.

Terlihat saat pelaksanaan upacara tersebut, murid dan majelis guru memakai pakaian kebaya, batik dan murid laki-laki pakai pakaian muslim pada Sabtu 21 April 2018 kemaren.

Presiden RI Pertama Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Soekarno juga menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar nasional yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Maka setiap 21 April termasuk tahun 2018 ini, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Kartini, termasuk sekolah kita, ujar Kepsek Musrijal.

“Anak-anak harus tahu bahwa pahlawan nasional harus kita ketahui sejarahnya, karena ini adalah momentum dalam menanamkan nilai dan rasa nasionalisme,” Urainya.

Sementara itu orang tua murid Andi Syafinal, kegiatan ini sangat bagus, terutama bagi anak didik dalam mendapat ilmu pengetahuan tentang sejarah pahlawan nasional.

“Pokoknya kita orang tua murid sangat respek terhadap kegiatan seperti ini,” jelasnya. Rega Desfinal