Pilwana Serentak, 131 Bakal Calon Walinagari Se Pessel Ikuti Ujian Kemampuan Dasar

377
Bakal calon walinagari Se Pessel saat diberi penjelasan sebelum uji kemampuan dasar. Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan akan menggelar pemilihan walinagari (Pilwana) serentak pada 3 Mei 2018 mendatang. Tercatat 427 orang bakal calon walinagari mendaftar di 105 nagari ikut Pilwana tahun ini.

“Dari 427 bakal calon tersebut, 131 orang mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) hari ini,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pesisir Selatan, Hamdi di gedung STAI Al Ikhlas Sago, Sabtu (7/4/2018). “Mereka berasal dari 19 nagari yang jumlah kandidatnya lebih dari lima orang,” tambahnya.

“Tes kemampuan dasar itu akan menyisakan lima kandidat, dan merekalah yang akan mendapatkan nomor urut pemilihan di nagarinya masing-masing, dan hasilnya juga diumumkan hari ini,” katanya lagi.

Dijelaskan Hamdi, tujuan uji kemampuan dasar itu adalah melihat kemampuan bakal calon dalam memimpin kedepan. “Materi ujinya adalah tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, pemerintahan desa, adat istiadat, dan juga pengetahuan umum,” terangnya.

“Pelaksanaan tes kami bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Universitas Andalas,” ungkapnya.

Dari 427 orang yang mendaftar pilwana, 19 orang diantaranya merupakan perempuan, dan jumlah tersebut, katanya, menunjukkan indikator yang baik terhadap peran perempuan dalam pemilihan pemimpin di tingkat nagari.

“Guna menyukseskan kegiatan ini, pemerintah daerah mengucurkan anggaran Rp800 juta, dan jika ada kekurangan anggaran, maka disiasati dengan memakai anggaran yang tersedia di masing-masing nagari,” ujar Hamdi.

“Pemilihan walinagari kali ini masih dilakukan secara manual, karena keterbatasan sarana penunjang,” tutupnya. Rega Desfinal