Pra TMMD, Kodim 0310/SS Sijunjung Buka Jalan Baru Tiga Kilometer di Nagari Sibakur

201

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Ternyata Pra TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101, di Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat berdampak positif bagi warga.

Betapa tidak, bersama Kodim 0310/SS dibawah komando Dandim 0310/SS Letkol Inf Irvan Yusri, SIP, Pra TMMD itu telah membuka jalan baru sepanjang 3 kilometer.

Tak percaya? Tengok saja di nagari yang bependuduk sekitar 400 kepala keluarga (KK) dengan matapencarian pertanian dan pegawai hanya berapa oranh guru sekolah dasar (SD).

Sejak Pra TMMD dimulai pada 8 Maret 2018 hingga pembukaan itu, hingga kini sejumlah ruas jalan diperbaiki dan sejumlah gorong-gorong pun dibangun. “Selain telah membuka jalan baru, Pra TMMD juga membangun 11 titik gorong-gorong sebagai saluran draenase,” kata Dandim 0310/SS dalam wawancara eksklusif dengan Jurnal Sumbar, Senin (2/4/2018).

Disebutkan Dandim, jalan baru yang dibuka sepanjang 3 kilometer dengan lebar 7 meter itu adalah jalan lingkar yang bermanfaat untuk warga menuju dari dan ke sawah dan kekebun. “Rencana pembukaan jalan baru itu nanti juga akan dikasih sirtu (koral) sehingga warga bisa merasakan manfaatnya,” kata Dandim.

Tak hanya itu, bahkan 2 unit jembatan permanen yang selama ini tak bisa dilewati roda empat di TMMD ke-101 itu juga diperbaiki. “Jembatan itu nanti bisa dilewati kenderaan roda empat,” tambah Irvan Yusri.

Menelan dana APBD Sijunjung hanya Rp1 M, tapi hasilnya luar bisa. Bahkan Pra TMMD saja hasil mencapai duakali lipat dari anggaran yang dikucurkan Pemkab Sijunjung. “Itu baru pra TMMD lho, apalagi TMMD kita berharap manfaatnya luar biasa,” imbuh Dandim.

Tak hanya itu, dalam kegiatan TMMD itu nanti, Kodim 0310/SS bersama unsur lapisan masyarakat juga akan merehap 2 unit rumah warga. “Pada pelaksanaan TMMD itu nanti kita juga akan merehap dua unit rumah warga bantuan Baznas Sijunjung,” tambah Dandim.

Menurut Dandim, selama pra TMMD, Kodim 0310/SS menerjunkan 30 personil dibantu sekitar 75 orang warga Nagari Sibakur. Hingga kini kondisi pekerjaan selama pra TMMD mencapai 30 persen untuk fisik. Bahkan non phisik dan penyuluhan serta sosialisasi lainnya program Pemkab Sijunjung selama TMMD di Nagari Sibakur juga akan dilaksanakan.

“Pelaksanaan TMMD ini akan dimulai pada tanggal 4 April hingga 3 Mei 2018 dan diharapkan pekerjaannya nanti selesai sesuai waktu yang ditentukan,” terang Dandim. Saptarius