Provinsi Sumbar Raih Posisi Enam Berkinerja Sangat Baik 2018 Se Indonesia

371
Gubernur Irwan Prayitno disalami Syahrul Ujud, mantan walikota Padang pada acara penyerahan penghargaan pemerintah daerah berkinerja sangat baik 2018 di Kemendagri. Ist.

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Kamis (25/04), selepas melayat ke rumah duka alm Hediyanto, mantan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR dan upacara hari Kartini bersama Presiden RI, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno hadiri penyerahan Anugerah Tanda Kehormatan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dan Penyematan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha oleh Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla di Aula Sasana Bhakti Praja Kemendagri.

Hal ini diungkapkan Irwan Prayitno melalui akun fesbuknya, Kamis (25/4). “Anugerah ini diberikan setiap tahun oleh Presiden kepada Provinsi ataupun Kabupaten dan Kota yang dianggap telah berkinerja sangat baik dalam menjalankan pemerintahan yang berlandaskan prinsip-prinsip otonomi daerah,” jelasnya.

Dikatakan Irwan, ada lebih 800 Indikator Kinerja Kunci (IKK) terhadap Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) dimaksud. “Yang melakukan penilaian dan evaluasi bukanlah Kemendagri, tetapi dari institusi lain yang independent,” tegasnya.

“Alhamdulillah, Provinsi Sumatera Barat tahun ini berdasarkan Kepmendagri No. 100-53 tahun 2018 tentang Peringkat Dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional juga mendapatkan anugerah tersebut dan berada pada posisi 6 (enam) tingkat provinsi se-Indonesia,” ujarnya.

“Ini merupakan lompatan yang luar biasa, karena peringkat tahun sebelumnya kita berada di posisi 14,” tambahnya.

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa lebih baik lagi dengan berpedoman kepada hasil evaluasi yang kita lakukan terus menerus,” harap politisi yang termasuk 1 dari 8 balon Capres yang akan diusung PKS itu. (enye)