Rakerda, IPEMI Sumbar Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Pengembangan UKM

134
Pengurus IPEMI Se Sumbar poto bersama usai Rakerda. Ist.

JURNAL SUMBAR | Padang – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia wilayah Sumatera Barat menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Rangkayo Basa, Padang, Jumat (20/04). Ketua PKK kota Padang non aktif Harnelly Bahar, Dinas Koperindag dan tamu undangan hadir dalam acara tersebut.

Tujuan dari pelaksanaan Rakerda ini ialah untuk konsolidasi organisasi, evaluasi, laporan kerja tahunan pengurus daerah dan membahas rencana kerja organisasi untuk tahun ini.

Ketua PW IPEMI Sumatera Barat Lisda Hendrajoni dalam pemaparannya menyampaikan perkembangan organisasi itu satu terakhir. Sejumlah kegiatan organisasi telah dijalankan IPEMI, diantaranya bidang pendidikan, kegiatan sosial, pembinaan UKM, pelatihan keterampilan bagi perempuan.

“Baru- baru ini kita juga mengadakan konser amal untuk Palestina yang menghadirkan Melly Goeslaw dan terkumpul ratusan juta rupiah,” papar Lisda Hendrajoni.

Selain itu, IPEMI juga telah mendirikan koperasi dan pelayanan simpan-pinjam kepada pengusaha perempuan.

“Kedepan koperasi simpan-pinjam akan terus kita kembangkan dan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi perempuan agar menjadi mandiri dan menambah pendapatan keluarga,” terang Lisda Hendrajoni yang juga anggota dewan penasehat SMSI Sumbar itu.

Kepada awak media, ketua PKK Pesisir Selatan itu menyampaikan bahwa tujuan Rakerda juga untuk sebagai bahan laporan pada Rakernas yang akan digelar awal bulan depan.

“Rakerda ini juga untuk sebagai bahan laporan pada Rakernas IPEMI yang akan digelar bulan Mei,” ucap Lisda.

Ketua PKK kota Padang non aktif Harnelly Bahar mengapresiasi kegiatan IPEMI di Sumbar. Dia menyebut bahwa dua tahun terakhir IPEMI telah mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan, khususnya dalam bidang pemberdayaan perempuan dan pengembangan UKM.

“Keuletan ibu-ibu IPEMI kita apresiasi. Mudah-mudahan IPEMI semakin maju dan jaya,” ucap istri walikota Padang itu.

Rapat kerja daerah IPEMI juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar, fashion show dan juga pemberian penghargaan kepada pengurus daerah terbaik. Jefri