Resmi Dimulai, TMMD Diharapkan Bisa Mempercepat Pembangunan Sijunjung

224

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 di Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (4/4) berjalan dengan hikmad dan sukses.

Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy, perwira dan komandan upacara Kapten Kav Hendra, Danramil 04 Muaro Kalaban dan Mayor Inf Irwan Basukiono, S. Ag dari Danramil 03 Pulau Punjuang.

Hadir pada upacara tersebut Kasiter dan Kasi Intel Korem 032 / Wirabraja Kolonel Inf M. Asep Apandi S. I. P dan Kolonel Kav Mukmin, Bupati Kabupaten Dharmasraya yang diwkili Staf Ahli Masheri Yanda Boy, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Kab / Kota se Sumatera Barat, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sijunjung, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.

Uapacara yang diawali dengan menyanyikan bersama Mars Bukit Barisan, dilanjutkan penghormatan pasukan dan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan kesiapan pelaksanaan TMMD/N ke 101 tahun 2018 Kabupaten Sijunjung oleh Dansatgas Letkol Inf Irvan Yusri S. I. P, DANDIM 0310/SS sekaligus penandatanganan penyerahan sasaran kegiatan TMMD dari Wakil Bupati Arrival Boy kepada Dansatgas.

Amanat Inspektur upacara yang disampaikan Wabup Arrival Boy, bahwa dengan adanya TMMD ini, hendaknya dapat mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan kesejahreraan masyarakat di daerah, karena meliputi kegiatan fisik yang terdiri dari pembangunan infrastruktur, sarana prasarana dan fasilitas umun yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Melalui sasaran fisik ini, dapat membuka keterisoliran suatu daerah dengan daerah lainnya menuju pusat pertumbuhan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian didaerah tersebut.

Melalui berbagai kegiatan yang telah direncanakan tersebut kita semua berharap, TMMD kali ini akan mencapai hasil yang maksimal sebagai mana yang diharapkan.

Setelah pembacaan amanat Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pernyataan resmi pembukaan TMMD/N ke 101 tahun 2018 Kabupaten Sijunjung oleh Wabup Arrival Boy.

Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan Gong oleh Inspektur Upacara yang didampingi Bupati, Walikota, DPRD, Unsur Forkopimda se Sumatera Barat dan disaksikan oleh undangan lainnya, sekaligus penyerahan alat kerja secara simbolis oleh Inspektur Upacara kepada perwakilan penerima.

Upacara ditutup dengan menyanyikan bersama Mars Bukit Barisan dan pembacaan Do’a. Kemudian dilanjutakan dengan acara tambahan, penyerahan bantuan dari Gubernur Sumatera Barat berupa Genset, Mesin pemotong rumput, tikar sholat, sajadah, Al’Quran, mukenah, Bola Volly, Bola Kaki, Bola Takraw beserta netnya yang diserahkan oleh Wabup kepada Wali Nagari dan Pemuda Nagari Sibakur. Kemudian acara dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD /N ke 101 tahun 2018. Andri Kampai