TMMD Ke-101, Dandim Irvan Yusri Memotivasi Bocah Nagari Sibakur Jadi Tentara

236
Dandim Irvan Yusri terlihat akrab dengan bocah nagari Sibakur. Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hooree..! “Awak kajadi tantara lo bisuak” (Hore kita mau jadi tentara pula besok-red) begitu teriakan anak-anak Nagari Sibakur, Nagari Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat dalam bahasa khas nagari yang bependuduk sekitar 450 kepala keluarga (KK) itu.

Teriakan bocah-bocah itu terucap saat melihat puluhan anggota TNI Kodim 0310/SS tengah melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di daerah itu, pada Kamis (5/4/2018) sore.

Melihat sosok pria tampan berpakaian loreng TNI berbalut lengan Dansatgas, bocah-bocah Sibakur itu pun mendekatinya. Mereka tak tahu siapa tentara yang tengah menghirup udara bebas yang tengah beristirahat di teras Masjid yang terletak dekat lapangan Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang tersebut.

Merasa akan dihampir bocah-bocah cerdas, pintar dan berani itu, lalu sang tentara itu pun menyapanya.

“Yuk..duduk sini,” kata tentara itu menyapa yang diketahui adalah Dandim 0310/SS Lektol Inf Irvan Yusri, SIP.

Tanpa berbasa basi bocah-bocah itupun mendekati orang namor satu di militer Kodim 0310/SS yang mengomandani tiga wilayah teritorial, Sawahlunto, Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya itu. Bahkan diantara bocah-bocah Nagari Sibakur itu pun bertanya pada Dandim sampai bisa jadi tentara.

Ketika ditanya bocah-bocah Nagari Sibakur itu, Irvan Yusri pun tersenyum lebar. “Mau jadi tentara..,” tanya Dandim. “Mau…saya mau pak,” kata mereka.

“Nah, kalau mau jadi tentara harus rajin belajar, beribadah, berolahraga dan patuh pada orangtua, dan harus pintar serta harus suka menolong,” kata Dandim disambut tepukan oleh bocah-bocah siswa sekolah dasar (SD) Sibakur itu.

Dandim 0310/SS terlihat begitu akrab dengan bocah-bocah itu. “Saya dulu juga sama seperti kalian. Saya juga dari rakyat biasa. Tentara itu dari rakyat dan untuk rakyat. Contoh kita membangun jalan, jembatan, dan lainnya semua untuk rakyat. Kegiatan ini disebut TNI Manunggal Membangun Desa,” ucap Dandim pada bocah-bocah itu berkisah.

Diantara bocah-bocah itu ada yang proaktif melontarkan pertanyaan. Dilontarkan beraneka ragam pertanyaan sang komandan Kodim 0310/SS selain tersenyum juga sempat ketawa lepas atas pertanyaan bocah. Tak kurang dari satu jam Dandim Irvan Yusri bercengkrama dengan bocah-bocah Nagari Sibakur itu. Bahkan diantara bocah itu ada yang minta difoto bersama Dandim 0310/SS. Saptarius