Wagub Nasrul Abit Minta Anggota DPRD Amankan Solok dari Narkoba dan LGBT

109

JURNAL SUMBAR | Solok – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), H. Nasrul Abit berharap Visi dan Misi Kabupaten Solok terwujud dengan baik, dan bebas narkoba dan LGBT. Hal ini disampaikannya pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Solok Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Solok Ke – 105 Tahun 2018 di Aula Kantor Bupati Kabupaten Solok, Senin (09/04).

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Solok Herdinalis mengatakan, memperingati Hari Jadi Kabupaten Solok merupakan waktu untuk belajar melihat masa lalu sebagai bahan untuk menata masa depan.

“Bagaimana kita melihat masa lalu menjadi mata rantai untuk menata masa depan, sarana untuk mawas diri, dan sarana untuk saling mengingatkan,” kata Herdinalis.

Sedangkan Bupati Kabupaten Solok Gusmal menekankan, perayaan hari jadi Kabupaten Solok ini harus bisa mendesain masa depan berlandaskan dinamika dan 4(empat) Pilar Pembangunan kabupaten Solok, yaitu ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintah yang baik dan bersih.

Gusmal melaporkan pertumbuhan rkonomi Solok meningkat sebanyak 5.35 persen pada tahun 2017. Angka kemiskinan di Solok juga menurun dari 9,3 persen menjadi 9 persen. Hal tersebut menunjukan bahwa Kabupaten Solok semakin hari semakin baik.

Dan, Bupati Gusmal mengharapkan Pemerintah Provinsi menunjuk beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Solok untuk menjadi SMA umum berbasis pesantren sebagai tempat melanjutkan pendidikan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) berbasis pesanteren di Kabupaten Solok.

“Dengan adanya 17 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Solok yang sudah menjadi sekolah umum berbasis pesantren, kami berharap kepada Pemprov untuk menunjuk beberapa SMA menjadi SMA umum berbasis pesanteren, agar singkron dengan program yang dilakukan pemerintahan Solok,” harap Gusmal

Terkait masalah SMA umum yang berbasis pesanteren tersebut, Wagub sangat menerima baik usulan tersebut, dan akan dibahas di Provinsi. Dan Wagub menghimbau agar kabupaten Solok segera melengkapi persyaratannya menjadi tempat Wisata Halal, agar menjadi salah satu destinasi Wisata Halal yang ada di Sumbar.

Wagub mengharapkan dengan momen peringatan Hari Ulang Tahun kabupaten Solok yang ke 105 ini dijadikan untuk melakukan evaluasi kinerja selama satu tahun ke belakang.

“Semoga semua Visi dan Misi yang ada dan 4 Pilar Pembangunan yang telah dicanangkan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” harap Wagub.

“Saya juga mengharapkan kepada Bupati dan Wakil Bupati, dengan bantuan DPRD dapat bekerjasama dalam mesukseskan Visi dan Misinya tersebut, dengan ukurannya keberhasilannya nanti Indeks Pembangunan Manusia dan tingkat kesejahteraan yang lebih baik,” ujar Wagub menambahkan.

Wagub juga berharap kepada anggota DPRD kabupaten Solok mengamankan dapilnya masing-masing dari ancaman narkoba dan LGBT

“Karena, pada tahun 2035 kita akan mengalami puncak bonus demografi yang akan menjadikan negara kita menjadi 4 negara dengan ekonomi terkuat di dunia, dan untuk itu marilah Bapak/Ibu anggota DPRD untuk mengamankan dapilnya dari ancaman Narkoba dan LGBT yang sangat berbahaya,” tutup mantan Bupati Pesisir Selatan tersebut. rilis