Ayah dan Bunda PAUD Sijunjung Ajak Wali Murid Sukseskan Gernas Baku

95

JURNAL SUMBAR | Sijunjung –
PAUD Se Kecamatan Koto VII ikut mensukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) yang di pusatkan di lapangan Sepak Bola Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Sabtu (5/5/2018).

Acara yang ditandai dengan pelepasan balon keudara oleh Bupati dan Ketua TP PKK selaku Ayah dan Bunda PAUD, Yuswir Arifin dan En Yuswir ini dihadiri ratusan anak Paud dan wali murid dari berbagai PAUD yang ada di Kecamatan Koto VII.

Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas ini serentak dilaksanakan se Indonesia pada hari ini.

Sebelum memberikan penguatan Gernas Baku, Ayah dan Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin dan En Yuswir memimpin yel yel yang di ikuti oleh seluruh yang hadir pada kegiatan tersebut yaitu, ” Kami siap mendukung Gernas Baku”, yang diiringi tepuk tangan oleh semua orang.

Pada Kesempatan itu, Ketua TP PKK yang sekaligus Bunda Paud En Yuswir menyampaikan bahwa orang tua adalah ujung tombak keluarga untuk mendidik anak, oleh karena itu walaupun sibuk, sediakanlah waktu agak 5 menit untuk membacakan buku untuk anak agar anak kita menjadi cerdas.

“Orang tua hebat adalah orang tua yang mau membacakan buku untuk anak anak nya,” ucap En Yuswir.

Di abad 21 mendatang, anak anak lebih tinggi rasa ingin taunya, akan lebih kritis, oleh karena itu,bagaimana orang tua mengatasi agar anak kita tidak terfokus kepada Televisi dan Gatget saja.

Untuk itu, dengan adanya Gernas Baku ini,” kita coba merobah sebagai orang tua bagaimana bisa menyempatkan untuk beradaptasi dengan anak untuk membacakan buku agak 5 menit dalam sehari”, ungkap En Yuswir.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku kepada anak.

“Untuk mempererat hubungan seremonial antara anak dan orang tua serta untuk menambah minat baca anak sejak dini, biasakanlah membaca buku untuk anak,” kata Bupati.

Buku adalah jendela dunia, “oleh karena itu biasakanlah membacakan buku kepada anak mulai dari sekarang, karena dengan membaca, pengetahuan anak akan bertambah, kalau tidak membaca anak anak tidak akan tau, apalagi akibat banyaknya menonton Televisi dan bermain Gatget,” tambahnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Ezwandra, Kepala Dinas Sosial, PP dan PA, Drs.Ahmattullah, Kepala BPBD, Hardiwan, SP, Kabid Paud Syamsul Bahri, Kabid Perindustrian, Hendri Nurka, Kabag Kesra, M. Hasbi, Camat Koto VII, Veri Satria, Kasi Paud, Delvianti Basri, SE dan undangan lainnya. Andri Kampai