Bripka Ahmad Sopan, Babinkamtibmas Nagari Kampung yang Hebat Berdakwah

659

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ternyata polisi yang satu ini tak hanya lihai dalam menembak dan menangkap penjahat, tapi ia juga pintar berdakwah dan juga hebat dalam olah vokal.

Tak salah jika kemudian jiwa polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat sangat tepat ia sandang. Apalagi ia juga seorang Bhanbinkamtibmas di nagari. Anda penasaran?

Dia adalah Bripka Ahmad Sopan, polisi yang merakyat dan dikenali semua kalangan masyarakat itu sangat dekat dengan warga. Bahkan selain hebat pintar berdakwah dan berceramah, Sopan begitu pria kelahiran asli Lunang Silaut, Tapan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu kerap disapa, rupanya juga jago dalam olah vokal, tiap ada acara hiburan ia selalu tampil dengan lagu merdunya mendendang.

Dengan kemampuan berdakwah, berceramah agama dan olah vokal, Sopan kian dikenal diwilayah hukum Polisi Sektor Lubuktarok (Polsek Luta). Tak percaya? Lihat saja, apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Kampung Dalam, Kecamatan Lubuktarok itu.

Dengan gayanya menyampaikan santapan rohani dihadapan kaum muslim dan muslimat pada saat sholat tarwih di Masjid Urwatu Wusqa nagari binaannya di Kampung Dalam, uztad Bripka Polisi Ahmad Sopan berhasil membius umat Islam di daerah tersebut dengan siraman rohani dan ceramah yang disajikannya tentang arti Ramadhan dan nikmat bulan Ramadhan.

Bahkan dihadapan jamaah sholat tarwih pada Jumat (25/5/2018) malam itu, ia pun sempat berkisah perjalanan dan lika-likunya sebelum masuk polisi. Menurut Ahmad Sopan, sewaktu tes masuk polisi, ia malah tinggal di salah satu Masjid di Siteba Kota Padang menjadi gharim Masjid.

Saban hari ia mengurus Masjid dan menjadi gharim Masjid. Sebagai tulang punggung keluarga getirnya hidup pun dilaluinya. Apalagi sejak orang tua laki-lakinya sudah meninggal dunia. Tak terelakan ia pun menjadi tulang punggung buat adik-adiknya nya yang masih kuliah dan butuh perhatian khusus dari sang kakak.

Dengan rasa yakin dan tak pernah lupa bahkan selalu ingat dan mendekatkan diri pada Alloh SWT, usaha yang diimpikannya itu pun terwujud hingga kini ia tetap menjadi pengayom dan pelindung masyarakat di Kecamatan Lubuktarok.

Bahkan sebagai Instruktur Paskibaraka Kecamatan Lubuktarok pun dilakoninya. Tak heran jika kemudian ia sangat dekat dan mudah dikenal kalangan pelajar. Apalagi komandanya Kapolsek Luta, Iptu Polisi Syafruddin Arief pun sangat merespon Bripka Ahmad Sopan yang akrab dan dekat dengan masyarakat Kecamatan Lubuktarok itu untuk berceramah dan berdaqwa untuk menjalin hubungan silaturrahmi dengan masyarakat. Saptarius