Hujan Lebat, Jalan Nasional di Bukit Ransam IV Jurai Pessel Longsor

258

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Hujan lebat yang menguyur sejak pukul 14.00 Wib di Kota Painan, Pesisir Selatan dan sekitarnya berakibat terjadi longsor di bererapa titik rawan longsor, di antaranya di ruas Jalan Painan- Kambang, tepatnya di Bukit Ransam Kecamatan IV Jurai,Minggu (27/05/2018).

Seperti diketahui, sejak Sabtu 26 Mei 2018 sampai Minggu 27 Mei 2018, intensitas hujan di Kota Painan terlihat cukup tinggi.

Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan potensi cuaca ekstrem memang bakal melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Salah satunya adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Potensi cuaca seperti itu disinyalir dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo, mengungkapkan, hal tersebut dipicu adanya pusat tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia perairan barat Sumatera.

Kemudian, adanya sirkulasi di Selat Karimata serta indikasi aktifnya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera yang masuk ke wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

Kondisi dinamika atmosfer tersebut diprediksi masih berlangsung hingga beberapa hari ke depan di wilayah Indonesia.

“Nah, kondisi seperti itu berkontribusi terhadap pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia,” kata Prabowo dalam situs resmi BMKG.

Untuk itu, ia meminta pada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas di luar rumah.

Sedangkan hingga kini belum ada respon dari pemerintah daerah, terkait adanya fenomena banjir, longsor dari prakiraan cuaca dari BMKG.

Dari pantauan media wilayah rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir, meliputi Kecamatan Koto XI Tarusan, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan dan Silaut.

Disampaikan Update Peringatan Dini Cuaca Sumatera Barat Tgl 27 Mei 2018 Pukul 14.10 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Padang, Padang Pariaman (2×11 VI Lingkung, VI Lingkung, 2×11 Kayutanam, Lubuk Alung), Kep. Mentawai (Sipora, Pagai Utara), Agam (IV Nagari, Matur, Palembayan), Pasaman Barat (Sungai Beremas, Koto Balingka), Pesisir Selatan (Batang Kapas, IV Jurai) dan dapat meluas ke wilayah Padangpanjang, Agam (Tanjung Mutiara), dan sekitarnya. Kondisi ini diprakirakan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB.
Prakirawan-BMKG Minangkabau (Rega Desfinal)