Kesengsem dengan Tenun Unggan, Mufidah Yusuf Kalla Minta Ada Regenerasi Pengrajin

257

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ny. Mufidah Jusuf Kalla kesengsem dengan beragam corak dan motif tenun Unggan yang dibuat pengrajin tenun dari Kabupaten Sijunjung.

Di sela kunjungannya meresmikan sentra tenun Lintau di Kabupaten Tanah Datar, Selasa (8/5), isteri Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ini menyempatkan diri melihat sejumlah hasil kerajinan tenun Unggan yang dipamerkan di lokasi Sentra Tenun Lintau tersebut.

“Ibu Mufidah tadi (kemarin) mampir ke stand Sijunjung. Ia melihat-lihat aneka tenun Unggan di stand Kabupaten Sijunjung,” ucap Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Sijunjung, Hendri Nurka, Selasa (8/5/2018).

Bahkan, saat melihat-lihat aneka tenun Unggan di stand Kabupaten Sijunjung, Ny. Mufidah Jusuf Kalla yang didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny. Endra Yuswir Arifin menyampaikan kekagumannya atas beragam corak dan motif tenun Unggan yang dibuat pengrajin tenun dari kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

Cukup lama isteri Wakil Presiden RI berada di stand Kabupaten Sijunjung.Ia juga minta para pengrajin tenun Unggan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas tenun Unggan.

Selain meningkatkan kualitas tenun, sebut Hendri Nurka, isteri Wakil Presiden Jusuf Kalla juga meminta Dekranasda memperhatikan regenerasi pengrajin. Salah satu memberikan pelatihan kepada generasi muda. Azet Humas