May Day, Buruh Sijunjung Gelar Perlombaan Antar Perusahaan

205

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ratusan buruh di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat di Hari Buruh Sedunia tahun 2018 menggelar aksi May Day buruh dengan warna berbeda. Jika di daerah lain aksi buruh menggelar unjuk rasa. Tapi, aksi May Day buruh di Sijunjung tersebut justeru tampil beda tanpa tuntutan.

Hebatnya, aksi buruh di Sijunjung yang dihadiri Sekdakab Sijunjung, Zefnihan dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sijunjung, Riky Mainaldi Neri justeru mendapat tempat di hati para buruh.

Betapa tidak, karena aksi buruh di Sijunjung yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Sabinuang pada, Minggu (1/5/2018) di Muaro Sijunjung itu, justeru melakukan aksi “Adu” ketangkasan bidang olahraga antar perusahaan.

Kegiatan yang dikemas Dinas Tenaga Kerja Sijunjung itu justeru menyedot perhatian luas di kalangan buruh. Apalagi aksi May Day Buruh itu untuk pertama kali dilaksanakan Sijunjung.

Bahkan Direktur PDAM Sijunjung, Doni Novreidi juga hadir disana dan sejumlah pimpinan perusahaan BUMD/BUMS juga hadir menyemarakan May Day Buruh itu.

Aksi May Day ala Dinas Tenaga Kerja Sijunjung tersebut dibuka secara resmi Sekdakab Sijunjung, Zefnihan.

“Dengan kegiatan olahraga ini kita pupuk rasa persatuan dan kesatuan. Selamat bertanding dan berolahraga,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Sijunjung, Riky Mainaldi Neri pada awal pembukaan kegiatan May Day Buruh di Sijunjung itu.

Mulai dari “Adu” ketangkasan dalam bertanding bulutangkis, futsal dan aneka kegiatan lainnya digelar di Sijunjung dalam rangka Hari Buruh Sedunia May Day Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2018 itu.

Di May Day Buruh Sijunjung, tak ada demo-demo maupun tuntutan baik mengenai pengupahan maupun tuntutan lainnya. Yang ada ketika itu, mereka bertanding dan adu ketangkasan antar perushaan. Saptarius