“Ngopi Bareng”, Cara Alirman Sori Beri Pendidikan Politik Pada Masyarakat

77
Alirman Sori beri pendidikan politik pada masyarakat. Ist.

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan -Peningkatan peran lembaga perwakilan daerah atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengemukan dalam diskusi publik bakal calon anggota DPD RI dari Sumatera Barat Dr. H. Alirman Sori, Senin (7/5/2018) malam. Diskusi bertajuk “Ngopi Bareng” itu mengupas lebih dalam peningkatan peran DPD dalam pengambilan keputusan strategis pemerintah.

Pembicara utama diskusi, Dr. H. Alirman Sori memaparkan, peningkatan peran kelembagaan DPD ikut menentukan kemajuan pemerintah daerah. DPD menjadi lembaga perwakilan daerah yang bertanggungjawab terhadap kemajuan daerah untuk memperkuat kedaulatan bangsa.

Peserta diskusi yang berlangsung di Coffee n Cafe Single Origin Painan itu terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari unsur organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, unsur tokoh-tokoh masyarakat adat,  kalangan mahasiswa serta pelajar. Pelibatan berbagai unsur dalam diskusi menurut Alirman Sori adalah sebagai upaya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Dengan melibatkan seluruh unsur, tujuan dari diskusi ini adalah untuk menularkan pendidikan politik yang menjangkau seluruh kalangan dalam cakupan lebih luas,” ujarnya.

Diharapkan, dengan diskusi itu, akan meningkatkan pengetahuan politik masyarakat sehingga tidak sekedar menjadi objek dalam proses demokrasi. Amanah konstitusi menegaskan bahwa sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

Anggota DPD RI periode 2009-2014 ini memaparkan panjang lebar terkait kelembagaan DPD terutama penguatan perannya sebagai lembaga yang didirikan untuk memperjuangkan kepentingan daerah. Dia menegaskan, DPD lahir sebagai “anak kandung” dari reformasi. Pada masa Orde Baru, perwakilan daerah hanya menjadi satu fraksi di DPR yaitu Fraksi Utusan Daerah.

“Salah satu buah dari reformasi adalah desentralisasi atau otonomi daerah. Kepentingannya secara kelembagaan diperjuangkan melalui DPD sementara suara masyarakatnya diperjuangkan melalui kelembagaan DPR,” terangnya.

Dia menyebutkan, saat ini, peran DPD dalam pengambilan keputusan strategis pemerintah belum berjalan secara maksimal sesuai dengan amanah konstitusi. Meski demikian, secara bertahap telah terjadi kemajuan yang cukup baik, sejak empat belas tahun kelembagaan DPD dibentuk.

Diskusi bertajuk “Ngopi Bareng” itu mendapat tanggapan positif dari peserta yang hadir. Diskusi tidak saja menyasar orang dewasa namun juga melibatkan mahasiswa dan pelajar sebagai pemilih pemula. Alirman Sori mengajak masyarakat untuk menyadari bahwa memilih adalah hak warga negara untuk menentukan arah perjalanan bangsa. (Rega Desfinal)