Pilwana Serentak Pessel, Warga Minta Walinagari Terpilih Perjuangkan Pembangunan

308
Proses pemilihan Wali Nagari Sungai Nyalo IV Koto.

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Berbagai harapan masyarakat akan perubahan pembangunan di nagari ada di pundak calon-calon walinagari yang ikut Pilwana serentak. Di Pesisir Selatan 14 kecamatan yang ikut Pilwana pada Kamis (3/5/2018).

Kabag Nagari Dinas DPMN P2KB Pessel, Yefrizal menuturkan, calon walinagari yang maju pada Pilwana serentak berjumlah 309 orang.

Berikut jumlah nagari yang melaksanakan Pilwana Serentak di masing-masing Kecamatan: Kecamatan Koto XI Tarusan 12 Nagari, Kecamatan Bayang 13 Nagari, Kecamatan Bayu 3 Nagari, Kecamatan IV Jurai 12 Nagari, Kecamatan Batang Kapas 4 Nagari, Kecamatan Sutera 8 Nagari, Kecamatan Ranah Pesisir 12 Nagari, Kecamatan Linggo Sari Baganti 9 Nagari, Kecamatan Airpura 7 Nagari.

Selanjutnya, Kecamatan Panso 12 Nagari, Kecamatan BAB Tapan 6 Nagari, Kecamatan Rahul Tapan 6 Nagari, Kecamatan Lunang 6 Nagari dan Kecamatan Silau 9 Nagari.

“Untuk pengamankan Pilwana Serentak di TPS tersebut yakni personil Polsek yang ada wilayah hukum Polres Pessel yang dibakcup oleh personil Polres,” ujarnya.

Andi warga Painan Kecamatan IV Jurai berharapan siapapun yang duduk sebagai walinagari di Kecamatan IV Jurai diharap mampu memberikan kontribusi pembangunan di nagari. “Masih banyak yang perlu dilakukan walinagari terpilih, masyarakat menunggu nya,” ujarnya.

Hal sama yang juga diungkapkan Rini (34) warga Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek. Ia bersama warga lainya telah menyumbangkan hak suaranya untuk datang ke TPS, untuk melakukan pemilihan walinagari.

Menurutnya, walinagari adalah salah satu penyambung aspirasi masyarakat, dan walinagari harus mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat jangan hanya janji-janji di saat pencalonan saja.

“Warga bukan janji yang diminta, tapi bukti kerja untuk membangun nagari,” katanya. (Rega Desfinal)