Pimpin Jeder 2018, Mendes PDTT: Untuk Evaluasi dan Cari Inspirasi Kembangkan Desa

62

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, memimpin langsung keberangkatan Jelajah Desa Ramadan (Jedar) 2018 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Selasa (29/5). Menteri Eko beserta rombongan konvoi tim Jedar berangkat dari Jakarta pukul 23.00 WIB menggunakan bus.

Menteri Eko mengatakan, keberangkatan tim Jedar yang akan singgah di beberapa desa Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ini dilakukan, adalah dalam rangka menyapa desa-desa sekaligus memantau perubahan yang terjadi akibat dana desa. Ia mengajak tim Jedar memanfaatkan perjalanan ramadan tersebut untuk mengevaluasi sekaligus mencari inspirasi untuk mengembangkan desa menjadi lebih baik.

“Walaupun ini (29/5) hari libur, kita akan tetap lakukan jelajah desa dalam rangka ramadan. Kita menyapa desa-desa yang kita kunjungi. Kita buktikan pada publik bahwa desa kita sudah berubah. Namun tetap banyak yang harus terus kita (Kemendes PDTT) kerjakan. Terus jadikan ini untuk memacu bahwa pekerjaan kita masih banyak,” ujarnya.

Ia mengatakan, dana desa dalam tiga tahun terakhir telah memberikan perubahan signifikan terhadap desa dengan membangun infrastruktur berjumlah besar di luar perkiraan. Meski sempat mengalami guncangan, menurutnya dana desa telah membuktikan bahwa menjadikan desa sebagai subjek pembangunan adalah solusi terbaik untuk desa.

“Dulu hampir setiap hari tidak pernah tidak ada berita buruk soal dana desa. Tapi sekarang kita telah membuktikan bahwa dana desa mampu,” ujarnya.

Terkait hal tersebut ia juga mengucapkan terimakasih kepada media massa yang telah membantu program dana desa. Menurutnya, keberhasilan program dana desa juga tidak lepas dari dukungan media massa yang berpartisipasi aktif mensosialisasikan.

“Teman-teman (karyawan Kemendes PDTT) yang selama ini kerja di kantor tidak pernah ke dess, dengan Jelajah Desa Ramadan ini bisa melihat hasil kerjanya selama inidi kantor. Saya juga berterimakasih kepada media massa karena penting sekali, karena program dana desa tidak akan ada partisipasi aktif masyarakat di dalamnya kalau tidak dibantu sosialisasi dari media massa,” ujarnya.

Jelajah Desa Ramadan 2018 akan dilaksanakan di beberapa kabupaten Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti Kabupaten Majalengka, Cirebon, Kuningan, Demak, dan Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 29 Mei 2018 hingga 2 Juni mendatang. (kemendesa.go.id)