Rektor UNP Berikan Ransangan Agar IPM Pasaman Lebih Dipacu

93

JURNAL SUMBAR | Padang – Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD selaku Ketua Tim 3B Safari Ramadhan Pemprov Sumbar mengunjungi dan bersilahturahmi dengan masyarakat Pasar Rao Nagari Tarung-tarung Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sabtu (26/5).

Kunjungan dan silahturahmi itu bertempat di Masjid Raya Al-Mukhlisin usai Shalat Isya berjamaah. Prof Ganefri mengawali sambutanya memperkenalkan anggota tim 3 Safari Ramadhan Pemprov Sumbar, yaitu penceramah H Mulyadi Muslim, LC, MA, Kepala Balitbang,Reti Wafda, Kadis Nakertrans, Nazrizal Kepala BPS Sumbar, Sukardi, WR2, Syahril, PhD, WR3, Ketua LP3M, Prof Rusdinal dan Dr Alnedral (WD2 FIK UNP) dan WD3 FE, Dr. Yulhendri.

Menurut Mantan Koordinator Kopertis Wilayah X itu, mutu pendidikan di Pasaman perlu ditingkatkan untuk pembangunan manusia dan kemajuan daerah. Tanpa pendidikan yang baik, Pasaman akan terus Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dibawah rata-rata Sumatera Barat.

Ganefri merinci pencapaian rata-rata sebuah kabupaten dan kota dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia, pertama :hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup saat kelahiran. Kedua, pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca tulis pada orang dewasa (bobotnya dua per tiga) dan kombinasi pendidikan dasar , menengah , atas gross enrollment ratio (bobot satu per tiga).
Ketiga, standard kehidupan yang layak diukur dengan logaritma natural dari produk domestik bruto per kapita dalam paritasi daya beli.

“IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia atau masyarakat. Untuk itu, saya mengajak semua lapisan masyarakat Pasaman untuk menggiatkan pembangunan yang telah diprogramkan Bupati,” ujar Ganefri menyememangati.

Sebagai Ketua tim 3B, Prof Ganefri diakhir sambutannya menyerahkan secara simbolis bantuan Pemprov Sumbar senilai Rp20 juta ditambah tiga rol tikar.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Pasaman, Asari, M.Pd menyampaikan selamat datang kepada pimpinan rombongan dan sesampainya di Pasar Rao dan telah berbuka bersama dikediaman Camat Rao, Awaludin. (Agusmardi/Humas UNP)