Sejak Selasa Lalu, Puluhan Hektar Lahan Tidur Terbakar di Lunang Silaut

163

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Sekitar 50 hektar lahan tidur yang belum digarap di Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan terbakar, Kamis (10/5/2018) kemaren.

Tim Polsek Lunang Silaut bersama istansi terkait turun melakukan patroli di titik hotspot. Tidak adanya akses jalan menuju lokasi yang masih terbakar mengakibatkan susahnya mengirim bantuan untuk memadamkan api.

Lokasi yang terbakar adalah lahan gambut sehingga api mudah menjalar ke lokasi lain. Meskipun di atasnya sudah padam, namun api bisa saja menjalar lagi dari bawah yang masih terbakar.

Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang, S.IK, MM mengatakan, saat ini anggota masih di lokasi kebakaran, termasuk jajaran Polsek  Lunang Silaut . “Hingga saat ini anggota bersama istansi terkait lainnya sedang melakukan pemadaman api,” jelasnya.

“Kita belum bisa pastikan apa penyebab kebakaran, masih dalam pendalaman anggota,” tuturnya.

Berdasarkan informasi di
himpun di lapangan, lokasi kebakaran bersebelahan dengan lahan HGU PT. SJAL 1 Afdeling “i 22 dan J16 ” Incasi Raya Silaut, sekitar 3 KM dari bibir pantai. Kebakaran tersebut diketahui pada hari Selasa (8/5/2018) lalu.

Saat itu ada asap sekitar 1 KM dari batas HGU PT. SJAL 1 Incasi Raya Silaut, di hutan ke arah pinggir pantai.

Menggunakan peralatan mesin pompa Robin dan alat berat, anggota Polsek Lunang Silaut dan istansi terkait serta pihak karyawan perusahan mencoba memadamkan api, agar tidak merambat lokasi lainya. (Rega Desfinal)