Sekda Hardiman Minta Walijorong dan Walinagari Proaktiv Antisipasi Ancaman Teroris

141

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Terjadi pengeboman oleh satu keluarga mengatas namakan jihad cukup mengherankan kita, dan itu pun digunakan untuk membunuh manusia yang sedang beribadah di salah satu gereja di Jawa Timur.

Nekadnya lagi, pembom bunuh diri melibatkan anak-anak yang masih di bawah umur.

Ha itu dikemukakan Ketua Tim juga Sekda Tanah Datar, Drs. Hardiman di hadapan jemaah sholat Tarawih mesjid Al Faizin jorong Lantai Batu, nagari Baringin, kecamatan Limokau, Senin (21/5/2018) malam.

Sebelumnya, telah terjadi tidakan teroris begitu nekad melakukan penyanderaan terhadap aparat penegak hukum di Mako Brimob Jakarta. Seterusnya terjadi pula penyerangan di Mapolda Riau.Tindakan teroris itu merenggut nyawa para penegak hukum, masyarakat  dan pelaku sendiri.

“Untuk  itu, kita yang berada di Batusangkar harus tetap waspada dengan ancaman teroris. Caranya memberdayakan elsistensi wali jorong dan wali nagari untuk memantau lingkungan sekitar jorong dan nagari agar tidak kecolongan dengan aksi teroris yang membahayakan itu,” tegas Sekda.

“Kunjungan tim Ramadhan Pemda ke masjid-masjid dalam upaya memberikan pengertian dan pemahaman agar masyarakat peka dalam mengantisipasi paham radikal, tindak pidana anak, dan bahaya narkoba,” tekan Hardiman.

Sekda Hardiman juga merasa merinding dengan adanya tukang ojek yang melakukan tindak pidana sodomi terhadap 80 orang anak SD di salah satu kecamatan di Tanah Datar. “Ini sangat memiriskan dan terjadi dalam rentang tiga tahun dan terungkap baru-baru ini. Kita juga heran tidak pernah diketahui orang tua korban. Untuk itu saya mengàjak masyarakat tetap waspada dengan tindakan-tindakan ganjil yang dilakukan orang-orang asing yang datang ke daerah kita,” ujar Hardiman.

Usai memberikan pengarahan, Hardiman menyerahkan bantuan Rp10 juta untuk pembangunan sarana berudhuk, bantuan Alquran dan satu set Fiqih dan uang tunai Rp1,5 juta untuk bantuan buka bersama yang diterima langsung Ketua pengurus masjid Al Faizin nagari Baringin, H. Lesmandri didampingi camat Limokaum, Afrizal Ayah dan wali nagari Baringin, Irman Idrus.

Tim Ramadhan pemda Tanah Datar yang diketuai Sekda Drs. Hardiman beranggotakan Dinas PU, Satpol PP, KNPI dengan Penceramah Buya Yusnen (sekretaris Satpol PP dan Damkar Tanah Datar) dengan materi ‘ munafik bagi yang tidak menepati janji. (Haji Bakhtiar Danau)