Sosialisasikan Germas, Betty Shadiq Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

140

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dalam 20 tahun terakhir, sejak tahun 1990 hingga tahun 2010 terjadi perubahan pola penyakit terkait dengan perilaku manusia. Penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah, insfeksi saluran atas, tuberkulosis, diare, tekanan darah tinggi, stroke, jantung, kanker dan kencing manis.

Hal itu dikemukakan Anggota Komisi IX DPR RI, Ny. Betty Shadiq Pasadigoe pada acara sosialisasi Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat) yang diikuti ratusan peserta dari berbagai organisasi di gedung serba guna kecamatan Limokaum, Sabtu(26/5/2018) kemaren.

Penyakit menular, sebut Betty, ditimbulkan oleh rumah tidak sehat, buang air besar sembarangan, sampah yang tidak terkelola dengan benar. Seterusnya penyebab penyakit tidak menular kurangnya aktivitas fisik atau olah raga, kurang konsumsi buah dan sayur, minuman berakohol serta merokok.

Untuk menghindari berbagai macam penyakit itu perlu diterapkan gaya hidup sehat, sedangkan untuk Mengantisipasi penyakit tidak menular harus konsekwen berolah raga 30 menit setiap hari, mengkonsumsi buah sayur,berhenti merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, rutin memeriksa kesehatan, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban yang baik.

“Untuk itu mari kita lakukan aktivitas fisik  selama 30 menit setiap hari kapan dan di mana saja,” ajak Ny Betty M Shadiq.

Mengakhiri materinya, Betty berkomitmen selaku anggota DPR RI dari Sumbar khusus Tanah Datar akan selalu memperhatikan Tanah Datar dengan menghadirkan program-program bermanfaat di samping daerah lain.

Sosialisasi Germas dihadiri juga Direktur III Poltekkes Kemenkes Padang Yefrida Rustam SH M Kes, Dewi Susanti, Camat Limokaum Afrizal Ayah, Sekretaris Dinas Kesehatan Yesrita Hardiman sekaligus mewakili Bupati meresmikan sosialisaai Germas. (Haji Bakhtiar Danau)