Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Kodim 0311/Pessel Gelar Latihan Gladi Posko I

138

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Dalam rangka meningkatkan kemampuan  kesiapsiagaan, serta dalam membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam penanggulangan bencana, Kodim 0311/Pessel  gelar Latihan Geladi Posko I bertempat di Aula Makodim 0311/Pessel jln. H. Ilyas Yacub, Rabu (23/5/2018)

Mengambil tema “Melalui Latihan Gladi Posko I Kodim 0311/Pessel Siap Membantu Pemda Dalam Menangani Bencana Alam di Wilayahnya”, latihan itu dibuka oleh Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Korem 032/WBR Letkol Inf H. Sugiyono, S. Sos., M.Si.

Dalam amanatnya, Danrem 032/WBR yang dibacakan oleh Kasi Ops Sugiyono menyebutkan bahwa kegiatan latihan gladi posko ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan staf Kodim 0311/Pessel dalam menyelenggarakan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam, yang meliputi aspek komando dan pengendalian serta prosedur bantuan dan administrasi.

Ia juga menjelaskan, latihan posko ini berfungsi untuk menguji prosedur hubungan komandan dan staf serta validasi protap dan rencana operasi penanggulangan bencana alam yang selama ini berlangsung di kodim 0311/Pessel agar dapat ditingkatkan kualitasnya, sehingga lebih mudah diterapkan dalam situasi yang sebenarnya.

”Saya berharap agar seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan benar dan tuntas serta penuh tanggung jawab penuh sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai,” ungkapnya.

Kasi Ops menambahkan, bahwa proses latihan ini merupakan kegiatan satuan kewilayahan, oleh sebab itu diharapkan seluruh prajurit selalu memelihara keterampilan dan profesionalisme, sehingga jika bencana tersebut benar-benar terjadi maka seluruh prajurit yang mengikuti latihan ini telah siap dan mengerti prosedur prosedur yang akan di laksanakan nanti.

”Kegiatan ini merupakan upaya menyiapkan komponen pemerintah khususnya prajurit TNI AD dalam menghadapi ancaman dan tantangan dalam menghadapi kondisi dan dampak negatif dari satu peristiwa bencana alam,” tandasnya.

Sekali lagi Ia menegaskan, kegiatan ini sebagai langkah cegah dan antisipasi dini.

Sementara itu Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi,  S.H selaku pelaksana latihan mengatakan bahwa, kegiatan latihan ini sangat besar manfaatnya buat jajaran Kodim 0311/Pessel mengingat wilayah yang dipimpinnya ini secara geograrif dan demografi sangatlah berpotensi terjadi bencana alam seperti, tanah longsor, banjir dan bentuk bencana lainnya.

”Sesuai dengan kondisi wilayah teritorial Kodim 0311/Pessel yang potensi terjadinya bencana alam sangat tinggi dan kompleks,maka kegiatan ini sangatlah penting dan dibutuhkan,” ungkap Dandim.

Kegiatan yang akan di gelar selama tiga hari berturut-turut (23-25 mei 2018) Kegiatan ini turut di hadiri oleh Dandim 0309/Solok dan Dandim 0312/Padang selaku tim pengawas dan penilai, juga hadir perwakilan masing-masing OP terkait dalam pelaksanaan latihan gladi posko ini. (Rega Desfinal)