Wabup Arrival Boy Buka Pelatihan Peningkatan Minat dan Budaya Baca Bagi Ninik Mamak

168

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy membuka acara pelatihan peningkatan minat dan budaya baca bagi niniak mamak Se Kecamatan Tanjung Gadang, di The Aliga Hotel Padang, yang di laksanakan mulai dari Rabu hingga Jum’at (2-4/5/2018).

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung ini diikuti 50 orang peserta dari unsur niniak mamak Se Kecamatan Tanjung Gadang.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Alfiandri, Nara Sumber dari Badan Perpustakaan Indonesia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.

Acara yang diawali dengan laporan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Drs. Darlias selaku ketua pelaksana yang menyampaikan tujuan dan maksud dari kegiatan ini, yaitu untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar dan meningkatkan serta menumbuh kembangkan minat dan kebiasaan membaca pada masyarakat.

Sambutan Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Alfiandri pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

“Pelatihan minat dan budaya membaca bagi niniak mamak ini merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan di Sumatera Barat, untuk itu Pemerintah Provinsi sangat mendukung sekali kegiatan ini dan diharapkan kepada seluruh peserta agar mengikutinya dengan baik”, ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kepada niniak mamak, tidak hanya meningkatkan minat membaca saja, tetapi bisa menjadi penulis, karena karya tulis yang dihasilkan nanti, akan menjadi catatan dan pengetahuan bagi anak kemenakan di nagari nantinya.

Wabup Arrival Boy pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa niniak mamak selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah agar dapat meningkatkan minat dan budaya membaca di nagari, salah satunya dengan mengembangkan pustaka yang ada dinagari

“Diharapkan kepada semua peserta agar melakukan tindakan nyata, yakni mendorong semua jenis perpustakaan di nagari menjadi garda terdepan supaya dapat dimanfaatkan menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya pustaka nagari yang dibarengi dengan budaya menulis, dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan pada masyarakat, sebagaimana fisi dan misi kabupaten Sijunjung, yaitu untuk menciptakan Sijunjung jaya, Sijunjung maju, dan terwujudnya nagari yang madani akan tercapai nantinya. Andri Kampai