Wabup Arrival Boy Serahkan Paket Bantuan Pakir Miskin dari Baznas Sijunjung

179

JURNAL SUMNAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, SH menyerahkan secara simbolis Program Sijunjung Peduli Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung berupa santunan biaya hidup bagi fakir/miskin di Lapangan Sepak Bola Prof. M. Yamin, SH Muaro Sijunjung, Senin (21/5/2018).

Disamping Wakil Bupati, bantuan ini juga diserahkan oleh Ketua DPRD, Yusnidarti, SH, MM, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung dan Ketua Pengadilan Negeri Muaro.

Bantuan ini diserahkan usai melaksanakan Upacara Bendera peringatan hari Kebangkitan Nasional ke 110 tahun 2018 yang diterima secara simbolis oleh 5 orang penerima, yaitu Dija (58th), Midar (68th), Sari (63th) dari Jorong Pematang Saru Bulan, Nagari Muaro, Pahnidar (49th) Jorong Taratak Baru, Nagari Padang Laweh Selatan, Sier (63th) Jorong Pulau Berambai, Nagari Muaro, semuanya diusulkan oleh UPZ Puskesmas Gambok.

Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung, H. Yusri yang didampingi Wakil Ketua I, Sy. Dt. Intan Batuah pada kesempatan itu menyampaikan, zakat yang diserahkan berupa santunan biaya hidup fakir miskin ini disalurkan kepada 608 orang mustahik yang berasal dari usulan UPZ Kantor Camat, KUA dan Puskesmas se Kabupaten Sijunjung, dengan jumlah pendistribuasian sebesar Rp.182.400.000,- (Seratus delapan puluh dua juta empat ratus ribu rupiah) yang akan disalurkan mulai Selasa sampai Kamis (22 s/d 24 Mei 2018) nanti.

“Sementara untuk pendistribusian dana zakat kepada mustahik yang berasal dari usulan UPZ pada OPD tingkat Kabupaten Sijunjung, Insyaallah akan kita distribusikan pada minggu kedua bulan juni 2018”, tambahnya.

Pendistribusian ini akan diberikan kepada 1.101 orang mustahik dengan jumlah dana sebesar Rp.346.100.000,- (Tiga ratus empat puluh enam juta seratus ribu rupiah) terbagi melalui Sijunjung Peduli (Santunan fakir/miskin) sebanyak 1.018 orang dan akan diterima Rp.300.000,- setiap orangnya serta Sijunjung Cerdas (Bantuan Mahasiswa) 83 orang akan diterima Rp.500.000,- tiap orangnya.

Wabup Arrival Boy pada kesempatan itu menyampaikan, bantuan yang disalurkan ini sebagai bukti solidaritas antar sesama, oleh karena itu Pemerintah sangat mendukung program Baznas, karena bersinergi dengan program pemerintah dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat khususnya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sijunjung ini.

Wabup Arrival Boy juga berharap kepada mustahik, agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya, dan dipergunakan untuk keperluan yang betul betul di dibutuhkan dalam bulan suci ramadhan 1439 H in.

Wabup juga berpesan agar setiap selesai solat sertakan doa untuk muzaki yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Do’akan selalu dalam lindungan Allah agar diberikan keberkahan terhadap rezeki dan hartanya, supaya selalu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Andri Kampai.