Warga Sungai Nipah Pessel Temukan Gua Tua di Pinggir Jalan Nasional

4686
Warga sekitar melihat penemuan gua di sisi Jalan Painan-Kambang. Ist.

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Beberapa orang warga Kampung Sungai Nipah, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menemukan sebuah gua tua, tepatnya di perbukitan di sisi jalan nasional lintas Sumatera ruas Painan – Kambang, Senin (07/05/2018)

Kepala Kampung Sungai Nipah, Juniwar di lokasi, menyebutkan, gua itu ditemukan sekitar pukul 16.30 WIB saat kontraktor jalan lintas Sumatera ruas Painan – Kambang mengeruk sisi badan jalan untuk pelebaran menggunakan alat berat.

Terlihat gua tersebut menurutnya merupakan buatan manusia karena sisi gua rapi, namun saat ini cukup rentan dilewati karena dikhawatirkan bisa rubuh dan gelap.

“Tadi sudah ada warga kami yang masuk dan ia berhasil masuk hingga tujuh meter. Namun alasan keselamatan akhirnya ia kami minta untuk keluar,” ucapnya.

Di sekitaran gua tersebut warga dan masyarakat ramai menyaksikan penemuan tersebut. Terjadi kemacetan di lokasi dan banyak pengendara yang memarkirkan kendaraannya untuk ikut melihatnya bersama warga gua yang ditemukan masyarakat tersebut. (Rega Desfinal)