31 Agenda di Tujuh Daerah, Tim Jelajah Desa Kemendes PDTT Keliling Sumbar

121
H. Febby Datuk Bangso

JURNAL SUMBAR | Padang – Mulai Sabtu (9/12) besok hingga empat hari ke depan, Tim Jelajah Desa (Nagari) Ramadan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berada di Sumbar. Ada 29 agenda kegiatan di tujuh kabupaten dan kota selama empat hari tersebut.

Agenda utamanya adalah, melihat dan sekaligus mengevaluasi pencapaian penggunaan Dana Desa yang sudah diturunkan Kemendes PDTT, sejak 2015.
“Melakukan evaluasi ini sangat penting,” kata Staf Khusus Kemendes PDTT bidang Kebijakan Strategis H. Febby Datuk Bangso, kemarin.

Evaluasi dimaksud, katanya, dilakukan untuk seluruh aktivitas terkait dengan penggunaan Dana Desa disetiap kabupaten dan kota yang dikunjungi, diantaranya dalam bentuk proyek pekerjaan fisik, melihat dan melakukan supervise kepada BUMNag.

Terhadap dua kegiatan tersebut, jelang berbuka setiap harinya, dilakukan dialog dengan tenaga ahli kabupaten dan pendamping lokal desa. Diskusi akan lebih difokuskan membahas permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Katanya, kehadiran Tim Jelajah Desa (Nagari) Ramadan ini dimaksudkan untuk memastikan capaian sesungguhnya yang terjadi, pasca bantuan dana desa. Jika ditemukan kekurangan atau masalah di lapangan, bisa segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki.

Penggunaan dana desa memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Tak hanya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi bisa dikembangkan untuk pengembangan ekonomi serta mendorong kegiatan-kegiatan produktif lainnya, termasuk ekonomi kreatif atau pun inovasi yang dilakukan untuk kemajuan desa.

Selain itu, disetiap kabupaten dan kota yang disinggahi, rencananya tim tersebut juga akan melakukan ziarah ke makam ulama-ulama setempat serta berbagi suka dengan anak-anak di panti asuhan dan pondok pesantren. (Rls/RakSum)