Bupati Pessel dan Danlantamal II Padang Panen Raya Ikan Kerapu di Mandeh

136

JURNALSUMBAR| Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni membuka acara Sosialisasi Budi Daya Ikan Kerapu, Kamis (28/06/2018) di Painan. Hadir dalam kegiatan ini Komandan Lantamal II Padang, Laksma TNI Agus Sulaiman, M.Sc dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yosmeri.

Dalam sambutannnya Hendrajoni mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen dalam upaya mensejahterakan nelayan.

“Sejak tahun 2010 secara berkesinambungan kita melakukan pembinaan terhadap nelayan Pesisir Selatan, dan di tahun 2018 ini melalui Dinas Perikanan telah dianggarkan Rp 3,8 Milyar,” jelas Bupati.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan melalui Pemkab telah menghibahkan 554 Keramba Jala Apung untuk kelompok nelayan di Sungai Nyalo, Sungai Nipah, dan Sungai Bungin.

“Khusus di Kawasan Mandeh, kita membantu nelayan berupa life jacket dan dermaga apung, untuk penunjang penghasilan mereka sebagai operator kapal wisata,” ujar Bupati menambahkan.

Kepala DKP Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yosmeri  bertindak sebagai narasumber pada acara sosialisasi ini. Dalam materinya Yosmeri berpesan agar masyarakat tidak membuang sampah ke laut.

“Terutama sampah plastik, karena sampah ini berbahaya bagi biota laut,” tegas Yosmeri.

Kegiatan dilanjutkan dengan panen raya ikan kerapu bersama Danlantamal II Padang di Kawasan Mandeh. Panen kali ini menghasilkan lebih dari 15 Ton ikan kerapu berbagai jenis. Ikan-ikan kerapu ini merupakan jenis kerapu kualitas ekspor.

Acara selanjutnya dilakukan  teleconverence dengan Panglima Komando Armada I TNI Angkatan Laut di Jakarta guna melaporkan kegiatan panen raya ini. (Rega Desfinal)